Senin 29 Nov 2021 17:25 WIB

Apa Itu Varian Omicron? Ini Penjelasan dari Tiga Pakar

Omicron menjadi 'varian of concern' WHO sejak 26 November.

Omicron menjadi 'varian of concern' WHO sejak 26 November.
Foto:

Adapun yang membedakan kemunculan omicron dengan varian SARS-CoV-2 yang terdeteksi sebelumnya adalah seberapa dini hal itu teridentifikasi. Varian delta pertama kali didokumentasikan pada Oktober 2020 sebelum akhirnya meluas pada April 2021 dan akhirnya mendapatkan label VOC pada Mei setelah para ilmuwan mengaitkannya dengan lonjakan besar-besaran di India.

Dalam kasus omicron, karena sifat luar biasa kuat dari sistem pengawasan genom Afrika Selatan, varian SARS-CoV-2 yang baru dan tidak biasa telah ditangkap sebelum menyebar secara signifikan ke seluruh dunia. Sayangnya, itu juga berarti tidak ada jawaban yang baik saat ini untuk pertanyaan tentang penularan omicron atau tingkat keparahan penyakit.

Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS, juga mengatakan bahwa hingga kini para peneliti masih belum memastikan seberapa ganas varian baru ini.

"Jujur, kami belum mengetahui apakah itu lebih buruk dari delta atau tidak. Ini membuat kami sangat sulit untuk menyampaikannya kepada publik. Di satu sisi, kami tidak ingin membuat orang panik, tapi di sisi lain kami tidak ingin memiliki masalah yang berpotensi besar. Jadi, Anda harus bersiap untuk yang terburuk sekalipun,” kata Fauci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement