Selasa 23 Nov 2021 22:20 WIB

Lima Cara Mudah Ukur Porsi Makan Agar tak Berlebihan

Asupan kalori yang melebihi kebutuhan dapat memicu terjadinya kegemukan.

Rep: Adhysa Citra Ramadhani/ Red: Muhammad Hafil
Lima Cara Mudah Ukur Porsi Makan Agar tak Berlebihan. Foto: Obesitas (Ilustrasi)
Foto: Health
Lima Cara Mudah Ukur Porsi Makan Agar tak Berlebihan. Foto: Obesitas (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Data dari British Nutrition Foundation (BNF) menunjukkan bahwa orang rata-rata mengonsumsi 200-300 kalori lebih banyak dari kebutuhan setiap harinya. Asupan kalori yang melebihi kebutuhan dapat memicu terjadinya kegemukan di kemudian hari.

Penelitian terbaru dari BNF menemukan bahwa 41 persen orang akan menghabiskan semua makanan di piring mereka, meski mereka sudah kenyang. Selain itu, ada sekitar 20 persen orang yang biasa menyantap makanan dalam porsi besar agar tidak merasa lapar setelahnya.

Baca Juga

Penelitian ini juga menemukan bahwa ada cukup banyak orang yang sudah mengurangi konsumsi cemilan kurang sehat seperti cokelat atau keripik. Akan tetapi, sebanyak 36 persen orang membiarkan porsi makan mereka dikontrol oleh situasi, suasana hati, atau rasa lapar.

Padahal, memilih jenis makanan yang sehat saja tidak cukup untuk menciptakan pola makan yang sehat dan seimbang. Kontrol terhadap porsi makan juga tak kalah penting untuk diperhatikan.

 

"Pola makan yang sehat bukan hanya mengenai apa yang kita makan, tetapi juga seberapa banyak yang kita taruh di piring kita," jelas direktur sains BNF Sara Stanner, seperti dilansir Herald Scottland.

Stanner mengatakan kebanyakan orang cenderung akan makan lebih banyak ketika disajikan makanan dalam porsi lebih besar. Untuk beberapa makanan, pengukuran porsinya bisa dilakukan dengan mudah menggunakan tangan.

"Ini cara yang mudah untuk memastikan orang yang lebih besar mendapatkan porsi lebih besar, dan orang yang lebih kecil mendapatkan porsi lebih kecil," pungkas Stanner.

Ada beragam makanan yang porsinya bisa diukur dengan mudah menggunakan tangan sebagai panduannya. Berikut ini adalah lima di antara makanan tersebut.

Nasi

Banyak orang yang masih kesulitan untuk menentukan porsi beras ketika ingin memasak nasi. Cara mudah untuk menentukan porsi beras untuk konsumsi satu orang adalah sekitar dua genggaman tangan penuh.

Dada Ayam

Satu porsi sajian dada ayam panggang adalah sekitar 120 gram. Ukuran ini setara dengan satu tangan penuh, meski hal ini juga bergantung pada ukuran tangan masing-masing orang.

Kacang dan Biji

Kacang-kacangan dan biji-bijian memang kaya akan gizi, namun juga tinggi kalori. Oleh karena itu, poris konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian harus diperhatikan dengan seksama. Satu porsi sajian kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sekitar 20 gram, atau setara dengan satu telapak tangan.

Keju Cheddar

Keju cheddar bisa dengan mudah dikonsumsi secara berlebih karena rasanya yang lezat. Akan tetapi, satu porsi sajian keju cheddar yang dianjurkan adalah sebesar dua ibu jari tangan. Konsumsi keju berlebih bisa dengan mudah menyebabkan kenaikan berat badan.

Yoghurt

Produk susu ini dikenal kaya dengan kandungan kalsium dan nutrisi lainnya. Satu porsi sajian yoghurt yang dianjurkan adalah sekitar empat sendok makan atau 120 gram. Upayakan untuk memilih produk yoghurt dengan kandungan lemak sedang atau rendah, sehingga kandungan kalori dan lemak jenuh di dalamnya lebih rendah. (Adysha Citra Ramadani)

Sumber:

https://www.heraldscotland.com/news/19719434.food-get-portion-wise---guide-making-sure-not-eating-much/

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement