Senin 22 Nov 2021 14:35 WIB

4 Makanan yang Direkomendasikan Saat Memasuki Usia 50

Makanan tertentu dapat perlambat penuaan bagi orang yang memasuki usia 50 tahun.

Rep: Adysha Citra Ramadani, Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Sayur bayam merupakan salah satu makanan yang kaya nutrisi dan cocok untuk dikonsumsi semua orang dair berbagai kelompok usia, termasuk mereka yang memasuki usia 50.
Foto:

Bluberi

Buah berukuran kecil ini kaya akan vitamin C dan antioksidan. Konsumsi buah bluberi diketahui tak hanya berdampak baik dalam menunjang penurunan berat badan, tetapi juga dalam hal penuaan.

Studi pada 2012 dan ulasan pada 2020 menunjukkan bahwa bluberi memainkan peran penting dalam menunda penurunan kognitif. Antioksidan dalam bluberi pun dapat membantu menunda penurunan kognitif pada lansia.

Kacang-kacangan

Beragam jenis kacang seperti almond, kenari, mede, dan kacang brasil dikenal sebagai makanan yang sangat sehat untuk dikonsumsi oleh orang dari berbagai kelompok usia. Pada orang berusia 50 tahun ke atas, konsumsi kacang yang kaya akan protein, vitamin, antioksidan, dan lemak sehat dapat membantu mengelola kadar gula darah sekaligus menunjang penurunan berat badan.

Di samping itu, konsumsi kacang juga berperan dalam memperbaiki kesehatan jantung dan mencegah gangguan metabolik.

Alpukat

Buah nan lezat ini diketahui mengandung vitamin B, vitamin C, folat, lemak sehat, magnesium, antioksidan, dan beta karoten. Di sisi lain, alpukat juga diperkaya dengan sifat antipenuaan yang dapat mencegah penurunan kognitif setelah seseorang berusia 50 tahun. Alpukat juga dapat membantu menunda kemunculan tanda penuaan dengan cara memperbaiki elastisitas kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement