Rabu 17 Nov 2021 09:11 WIB

Jangan Cepat Tekan Flush, Intip Dulu Warna-Bentuk Feses Anda

Bentuk dan bau feses dapat mengungkap gejala penyakit serius.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Kloset. Bentuk, tekstur, dan warna feses dapat menunjukkan status kesehatan seseorang.
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Kloset. Bentuk, tekstur, dan warna feses dapat menunjukkan status kesehatan seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika buang air besar, jangan cepat-cepat tekan tombol flush di kloset. Cobalah lihat bentuk dan cium bau feses Anda.

Dokter Inggris yang populer di TikTok mengingatkan bahwa cara sederhana itu dapat menyelamatkan hidup Anda dari penyakit serius. Dalam unggahannya di TikTok, dr Karan Rajan menjelaskan bahwa feses menyimpan rahasia kondisi kesehatan seseorang.

Baca Juga

"Salah satu tanda paling jelas dari kanker usus adalah darah di kotoran, Anda tidak akan mengetahuinya, kecuali dengan melihat feses Anda," kata Rajan, dilansir The Sun, Rabu (17/11).

Selain itu, Rajan mengatakan bahwa warna, bentuk, dan konsistensi kotoran bisa menjadi tanda peringatan kondisi medis. Karena itu, dia menyarankan untuk melihat tinja setiap kali buang air besar.

National Health Service (NHS) Inggris menyatakan bahwa sedikit pendarahan atau pendarahan sekali saja dari anus biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, kalau khawatir, maka Anda harus pergi dan memeriksakannya ke dokter.

Pendarahan dubur ditandai dengan adanya darah yang terseka di tisu toilet, garis-garis merah di bagian luar feses, atau air merah muda menetes dari anus. Panduan resmi juga menyatakan Anda harus waspada terhadap darah di kotoran, diare berdarah, atau kotoran yang sangat gelap dan bau.

Ada banyak alasan mengapa Anda mengeluarkan darah dari anus, yang paling umum adalah terlalu agresif dalam menyeka. Fisura ani yang merupakan robekan kecil di lapisan anus juga dapat menyebabkan pendarahan rektum.

Wasir dan bisul juga dapat menyebabkan pendarahan. Akan tetapi, salah satu penyebab paling serius dari keberadaan darah ini adalah kanker usus.

Lebih dari 42 ribu orang di Inggris didiagnosis dengan kanker ini setiap tahun. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan usia berapa saja, tetapi dapat diobati dan disembuhkan jika diketahui lebih awal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement