Selasa 16 Nov 2021 15:21 WIB

Ed Sheeran akan Tampil di Acara Musik Korea MAMA 2021

MAMA 2021 rencananya akan digelar dengan penonton langsung.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
CJ ENM membagikan beberapa pengumuman besar tentang acara Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2021 mendatang. Salah satu yang menarik adalah rencana kehadiran penyanyi-penulis lagu asal Inggris Ed Sheeran di acara itu.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
CJ ENM membagikan beberapa pengumuman besar tentang acara Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2021 mendatang. Salah satu yang menarik adalah rencana kehadiran penyanyi-penulis lagu asal Inggris Ed Sheeran di acara itu.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- CJ ENM membagikan beberapa pengumuman besar tentang acara Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2021 mendatang. Salah satu yang menarik adalah rencana kehadiran penyanyi-penulis lagu asal Inggris Ed Sheeran di acara itu.

Konferensi pers global untuk MAMA 2021 diadakan pada 16 November pukul 10.00 waktu Korea. Berpusat pada konsep “Make Some Noise”, MAMA tahun ini akan diadakan secara tatap muka dengan penonton langsung.

Baca Juga

Chief producer (CP) Mnet Park Chan-wook menjelaskan MAMA 2021 tidak akan mengundang banyak penonton. Namun, mereka percaya perubahan format acara ini membuat artis dan penggemar bisa bertemu lagi.

“Itu akan dilakukan sesuai dengan pedoman pencegahan penyakit pemerintah,” kata Park Chan-wook dilansir Soompi, Selasa (16/11).

Seperti yang diumumkan sebelumnya, kriteria dan kategori evaluasi juga berbeda pada tahun ini. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, voting penggemar tidak menjadi salah satu kriteria penentuan penghargaan Artist of the Year, Song of the Year, dan Album of the Year. Namun, penghargaan Worldwide Icon of the Year dan Worldwide Fans' Choice Top 10 akan ditentukan sepenuhnya melalui voting penggemar, tanpa kriteria lain.

Hingga tahun lalu, data musik dari Gaon Chart, Twitter, dan YouTube masuk dalam kriteria evaluasi. Kriteria tahun ini juga mencakup data streaming dari Apple Music, platform streaming musik yang ada di 167 negara. Data akan dihitung oleh perusahaan pihak ketiga, Samil PwC, untuk keadilan dan transparansi yang lebih besar.

Direktur Kreatif Global Apple Music, Zane Lowe berbagi melalui sebuah video telah K-pop mengambil alih dunia. Dia beranggapan ini adalah bentuk revolusioner, dan berkontribusi pada perkembangan musik pop.

“Saya senang memberikan kesempatan kepada penggemar di seluruh dunia untuk merayakan pertumbuhan K-pop dan memilih artis favorit mereka. Pilih Worldwide Fans’ Choice Top 10 dengan streaming di Apple Music,” ujar Lowe.

Kepala Divisi Konten Musik CJ ENM, Kim Hyun-soo mengungkapkan rencana mereka untuk suatu hari menyelenggarakan MAMA di Amerika Serikat (AS). “Kami akan memperluas negara tuan rumah ke pasar Asia dan wilayah terdekat lainnya, dan kemudian menjadi tuan rumah MAMA di Amerika Serikat,” kata dia.

Untuk sementara berpusat di sekitar K-pop, Kim Hyun-soo mengatakan MAMA akan mengundang selebritas yang mewakili Korea Selatan dalam film, drama, dan gaya hidup, serta memperkuat komunikasi dengan generasi antara usia 15 dan 24 tahun, menampilkan konten unik berdasarkan penceritaan, dan memperkuat data global yang mencerminkan meningkatnya status K-pop.

Park Chan-wook mengungkapkan bahwa penampilan MAMA yang paling berkesan baginya adalah panggung “Life Goes On” BTS pada tahun lalu. Meskipun Suga tidak dapat secara langsung bergabung dalam pertunjukan karena pemulihan pascaoperasi, tetapi Suga membuat penampilan virtual menggunakan teknologi 3D yang rumit.

MAMA 2021 akan dipandu oleh  Lee Hyori, yang merupakan pembawa acara wanita pertama dalam acara penghargaan tersebut. Park Chan-wook menggambarkannya sebagai masa lalu, sekarang, dan masa depan K-pop, serta seseorang yang sangat cocok dengan konsep MAMA tahun ini.

Park Chan-wook juga mengumumkan beberapa penampilan spesial di MAMA 2021. Penyanyi-penulis lagu Inggris Ed Sheeran akan tampil di acara tersebut. Dia menjelaskan Ed Sheeran menulis “Permission to Dance” dengan BTS. 

“Dia memiliki beberapa hubungan dengan K-pop. Dia adalah penyanyi yang menyanyikan ‘Bad Habits', salah satu lagu pop yang paling disukai tahun ini di Korea. Dia sedang mempersiapkan penampilan versi MAMA,” ujar Park Chan-wook.

Grup K-pop Wanna One juga akan bersatu kembali untuk tampil di acara itu. “Tim produksi sedang mempersiapkan dengan berbagai ide. Kami akan membuat panggung yang seperti hadiah untuk penggemar,” kata Park Chan-wook.

Pertunjukan spesial lainnya adalah penampilan delapan tim “Street Woman Fighter” dan panggung kolaborasi antara anggota grup K-pop generasi keempat teratas. Informasi lebih lanjut tentang lineup penampil akan diumumkan di kemudian hari. MAMA 2021 akan disiarkan langsung pada 11 Desember pukul 18.00 waktu Korea.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement