Ahad 14 Nov 2021 06:20 WIB

Kopi Berkafein Baik untuk Kesehatan Lever

Studi terbaru mengonfirmasi bahwa kopi berkafein bermanfaat untuk kesehatan lever.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Kopi (ilustrasi). Studi yang paling detail menemukan manfaat kopi berkafein bagi kesehatan lever.
Foto:

Sementara itu, Tapper menyebut, ia masih ingin melihat lebih banyak data sebelum mulai memberi saran kepada pasiennya tentang kopi saat sesi konsultasi. Menurutnya, sementara ini, ada banyak intervensi berbasis data lainnya yang harus difokuskan untuk pengelolaan penyakit lever.

Di sisi lain, menurut Tapper, data itu akan penting bagi pasien yang sangat tertarik dengan pengobatan alami. Namun, ia punya saran yang lebih luas untuk kalangan tersebut.

"Untuk pasien yang sangat tertarik dengan suplemen alami, saya akan merekomendasikan mereka untuk menghindari karbohidrat dan lebih banyak berolahraga, tapi tidak masalah untuk menambahkan kopi ke  rutinitas harian," tutur Tapper.

Sementara itu, sebuah studi berdasarkan database Inggris menemukan, kopi tampaknya melindungi terhadap penyakit lever kronis. Seorang profesor biokimia di Institut Kesehatan Lever dan Pencernaan di University College London, Nathan Davies PhD, mengatakan, ada sejumlah faktor perilaku dan nutrisi yang dapat berkontribusi pada efek yang diamati selama beberapa tahun.

Davies menunjukkan pula bahwa kopi dan penyeduhan yang berbeda memengaruhi jumlah kafein dalam cangkir. Semua cangkir kopi dalam penelitian ini diperlakukan dengan cara yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement