Sabtu 13 Nov 2021 17:24 WIB

Diet Rendah Garam, Seperti Apa Strateginya?

Jangan serta merta menyingkirkan garam dalam diet harian.

Membubuhi garam pada makanan. Saat makan di luar, minta penjual tidak menggunakan garam sama sekali pada masakan. Bubuhi sendiri ketika sudah dihidangkan agar konsumsi garam bisa lebih terkontrol.
Foto:

Tanda terlalu banyak konsumsi garam

Ada beberapa gejala yang mungkin terjadi seseorang mengonsumsi garam secara berlebihan. Berikut ini adalah lima di antaranya, seperti dilansir WebMD.

Bengkak

Pembengkakan dapat menjadi sebuah tanda bahwa ada terlalu banyak sodium di dalam tubuh. Beberapa bagian yang sering mengalami pembengkakan akibat kelebihan sodium adalah kaki, wajah, tangan, dan pergelangan kaki.

Sangat haus

Ketika seseorang mengonsumsi terlalu banyak garam, tubuh bisa mengalami dehidrasi. Tubuh akan menarik air dari sel-sel dan rasa haus akan mulai muncul. Karena itu, perasaan sangat haus dapat menjadi sebuah tanda dari konsumsi garam berlebih. Coba minum banyak air putih untuk menetralisasi kelebihan garam tersebut dan menyegarkan kembali sel-sel tubuh.

Berat badan meningkat cepat

Penambahan berat badan yang terjadi dalam waktu singkat dapat menjadi pertanda bahwa tubuh terlalu banyak mendapatkan asupan garam. Kelebihan asupan garam membuat tubuh menahan cairan sehingga menyebabkan berat badan bertambah dengan cepat.

Bila berat badan bertambah lebih dari 0,9 kg dalam sehari atau 1,8 kg dalam sepekan, coba evaluasi kembali makanan apa saja yang dikonsumsi dalam beberapa hari sebelumnya, lalu lakukan perubahan untuk memangkas asupan garam.

Sering ke toilet

Semakin banyak garam yang dikonsumsi, semakin sering pula keinginan untuk buang air kecil terjadi. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh munculnya perasaan haus ketika mengonsumsi terlalu banyak garam.

Rasa haus tersebut mendorong seseorang untuk minum lebih banyak air sehingga perasaan ingin buang air kecil menjadi muncul lebih sering.

Kualitas tidur kurang baik

Mengonsumsi terlalu banyak garam sebelum tidur dapat menyebabkan tidur terganggu. Beberapa tanda gangguan tidur adalah gelisah saat tidur, terbangun di malam hari, dan merasa tidak mendapatkan istirahat setelah tidur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement