Rabu 10 Nov 2021 08:54 WIB

Salinan Lukisan Mona Lisa Terjual Rp 3,4 Miliar

Salinan lukisan Mona Lisa sangat mirip dengan karya Leonardo Da Vinci.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Salinan lukisan Mona Lisa sangat mirip dengan karya Leonardo Da Vinci.
Foto: EPA
Salinan lukisan Mona Lisa sangat mirip dengan karya Leonardo Da Vinci.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salinan lukisan Mona Lisa terjual seharga 210 ribu euro atau sekitar Rp 3,4 miliar dalam lelang di Paris, Selasa (9/11), waktu setempat. Salinan ini dinilai sangat mirip dengan lukisan asli karya Leonardo Da Vinci.

Rumah lelang Artcurial memperkirakan salinan lukisan Mona Lisa tersebut berasal dari tahun 1.600-an. Seperti dilansir dari The Straits Times, Rabu (10/11), lukisan ini mulanya ditargetkan laku seharga 150 ribu euro, namun nyatanya terjual lebih dari itu.

Baca Juga

Karya asli lukisan Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci, yang dibeli oleh Raja Prancis Francois I pada tahun 1518, kini disimpan di museum Louvre Paris. Lukisan ini mampu menarik antusiasme banyak orang untuk melihat senyum misteriusnya.

Pada bulan Juni, seorang kolektor Eropa juga telah membeli salinan Mona Lisa abad ke-17 seharga 2,9 juta euro di Christie Paris. Ini termasuk rekor penjualan untuk reproduksi dari mahakarya Mona Lisa.

Pada 2017, rumah lelang Christie's New York menjual mahakarya lain dari Leonardo yakni lukisan Salvator Mundi. Lukisan ini dihargai 450 juta dolar AS atau sekitar Rp 6,5 triliun, menjadikannya sebagai lukisan termahal di dunia.

Mona Lisa adalah lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16. Lukisan ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia. Lukisan setengah badan ini menggambarkan lukisan wanita dengan ekspresi yang sering dideskripsikan sebagai enigmatik atau misterius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement