Senin 08 Nov 2021 15:20 WIB

Cakupan Vaksinasi Tinggi, Kasus Covid-19 Kok Melonjak?

Kasus Covid-19 bisa melonjak di wilayah dengan cakupan vaksinasi tinggi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksinasi Covid-19. Kasus Covid-19 bisa melonjak sekalipun di wilayah yang cakupan vaksinasinya tinggi.
Foto:

Padahal, tujuan utama dari vaksinasi Covid-19 adalah untuk menekan tingkat keparahan dan kematian pada kasus Covid-19. Di Irlandia, hal ini sudah tercapai dari mulai menurunnya kasus-kasus Covid-19 yang membutuhkan perawatan di rumah sakit.

"Fungsi dari vaksin adalah mencegah orang sakit parah dan kematian, itu tujuan utamanya, dan vaksin telah membantu tercapainya kondisi itu," ungkap ahli imunologi dari Trinity College Dublin Profesor Luke O'Neill, seperti dilansir Sky News, Senin (8/11).

Profesor O'Neill menilai, kondisi di Irlandia mungkin akan lebih buruk dibandingkan saat ini tanpa adanya cakupan vaksinasi yang luas. Negara tersebut bahkan bisa didorong untuk melakukan lockdown penuh tanpa adanya vaksinasi di tengah merebaknya varian delta yang mudah menular.

"Rumah sakit akan penuh dengan pasien Covid-19 dan semua bukti mendukung itu," ujar Profesor O'Neill.

Kepala Behavioural Research Unit (BRU) Prof Pete Lunn mengatakan, pelonggaran pembatasan sosial yang diterapkan saat ini di Irlandia membuat aktivitas masyarakat kembali meningkat. Di saat yang sama, ada semakin banyak orang yang mengabaikan beragam protokol kesehatan yang diperlukan untuk mencegah penularan Covid-19, seperti menjaga jarak dua meter dari orang lain dan menggunakan masker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement