Jumat 05 Nov 2021 12:48 WIB

Kemenkes Malaysia: Ivermectin tidak Manjur Obati Covid-19

Kementerian Kesehatan Malaysia larang dokter resepkan ivermectin untuk Covid-19.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Kapsul Ivermectin. Studi di Malaysia mengungkap bahwa ivermectin tidak manjur untuk mengobati Covid-19 pada pasien rawat inap.
Foto:

Menurut Profesor Dr Lai Nai Ming dan Associate Professor Dr Karuthan Chinna dari Taylor's School of Medicine yang bertanggung jawab dalam mempersiapkan analisis statistik independen, penelitian I-TECH tidak dapat memverifikasi temuan bahwa ivermectin dapat mengurangi kematian dalam 28 hari, dibandingkan dengan SOC saja.

"Ini karena jumlah kematiannya kecil (13/490), sehingga penilaian terhadap temuan tersebut terbatas," kata Hisham.

photo
Infografis Fakta Seputar Ivermectin - (republika.co.id)

Berdasarkan temuan studi I-TECH, ivermectin tidak direkomendasikan untuk dimasukkan dalam pedoman pengobatan Covid-19 yang ada. Sebab, pemberiannya tidak mengurangi risiko Covid-19 kategori selanjutnya.

Hisham mengatakan, kementerian merekomendasikan agar ivermectin juga digunakan dalam studi klinis dengan pemantauan. Ia menyebut bahwa temuan dari I-TECH juga sejalan dengan studi skala besar seperti IVERCOR-COVID19 dari Argentina dan BERSAMA dari Brasil yang tidak mendukung rutinitas ivermectin dalam pengobatan klinis Covid-19.

Hisham mengatakan, tim studi I-TECH berencana untuk menyerahkan data yang akan diterbitkan dalam jurnal peer-review sebagai memberikan informasi tambahan untuk studi tentang ivermectin, termasuk meta-analisisnya. Ia berharap, kajian lokal di Malaysia ini bisa memberikan pencerahan kepada praktisi kesehatan dan publik yang selama ini menanyakan kemanjuran ivermectin sebagai obat Covid-19.

"Praktisi medis diingatkan untuk menggunakan ivermectin, termasuk membagikan iklan atau penjualan ivermectin secara ilegal untuk mengobati Covid-19 hingga tersedia bukti ilmiah yang lebih kuat," kata Hisham.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement