Kamis 04 Nov 2021 19:00 WIB

Riz Ahmed Ingin Muslim tak Melulu Kebagian Peran Penjahat

Aktor Riz Ahmed merupakan Muslim pertama yang mendapat nominasi Oscar.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Riz Ahmed mendapat nominasi Oscar lewat film Sound of Metal.
Foto: EPA
Aktor Riz Ahmed mendapat nominasi Oscar lewat film Sound of Metal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor asal Inggris Riz Ahmed merasa muak melihat penjahat Muslim di berbagai film dan serial televisi. Laki-laki berusia 38 tahun itu menuntut representasi yang lebih positif dari umat Islam di layar kaca.

Riz merupakan aktor Muslim pertama yang dinominasikan sebagai Aktor Terbaik Oscar 2019 untuk perannya di film Sound of Metal. Meski bersyukur atas kariernya yang sedang meningkat, ia memiliki keinginan yang mendalam tentang perubahan cara orang-orang menggambarkan keyakinannya dalam dunia hiburan.

Baca Juga

"Saya berharap dapat membantu dengan sedikit mengubah "permainan"," ungkap Riz saat mempromosikan film barunya Mogul Mowgli kepada British GQ, dikutip Ace Showbiz, Kamis (4/11).

Riz pun menanggapi tantangan perubahan represantasi Muslim tersebut dengan serius. Awal 2021 lalu, dia mendirikan Blueprint for Muslim Inclusion dan membantu menugaskan sebuah studi.

 

Hasil studi itu mengungkapkan, Muslim hanya memiliki 1,6 persen peran berbicara dalam 200 film populer berbahasa Inggris. Padahal, umat Muslim merupakan 25 persen dari populasi dunia. Studi itu juga menyebut, sebanyak 75 persen karakter Muslim digambarkan sebagai korban atau pelaku kekerasan.

"Semua ini hanya peringatan besar," ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement