Rabu 03 Nov 2021 22:05 WIB

Jangan Asal Pakai Masker, Utamakan Kualitas

Setiap masker memiliki efektivitas yang berbeda menangkal Covid-19.

Setiap masker memiliki efektivitas yang berbeda menangkal Covid-19.
Foto:

Berdasarkan temuan ini, peneliti lebih menganjurkan penggunaan masker bedah dibandingkan masker kain. Masker bedah memiliki efisiensi filtrasi yang lebih tinggi, harga yang lebih murah, dan memberikan dukungan yang lebih bagus dalam menurunkan Covid-19.

Temuan serupa juga pernah diungkapkan dalam studi yang dimuat pada jurnal Physics of Fluids pada Juli kemarin. Studi ini menemukan bahwa masker kain hanya memiliki efisiensi filtrasi sebesar 9,8 persen. Jenis masker medis lain seperti masker bedah, masker N95, dan masker KN95 tampak memiliki efisiensi filtrasi yang lebih tinggi.

Akan tetapi, peneliti menekankan bahwa temuan ini mungkin bukan hanya dipengaruhi oleh masker kain itu sendiri. Kesesuaian bentuk masker kain dan wajah yang kurang tepat juga dapat membuat masker menjadi kurang melindungi.

Saat ini, ahli epidemiologi Michael Osterholm PhD mengatakan masker kain belum mampu menjawab tantangan penyebaran Covid-19. Osterholm menilai jenis masker yang paling baik adalah N95.

Di awal pandemi, masker N95 memang hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan profesional. Akan tetapi, saat ini ketersediaan masker N95 sudah lebih memadai sehingga masker ini baik digunakan oleh banyak orang, khususnya oleh mereka yang belum divaksinasi atau belum pernah terkena Covid-19.

"Kualitas masker memang penting, Jadi bila Anda bisa mendapatkan masker KN95 atau masker N95, itu akan memberikan Anda perlindungan yang lebih besar," jelas Scott Gottlieb MD yang pernah menjabat sebagai komisioner Food and Drug Administration.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement