Rabu 03 Nov 2021 16:33 WIB

Ahli Ungkap Efek Samping Booster Moderna dan Pfizer

Sebagian orang masih ragu dengan 'booster' vaksin karena efek sampingnya.

Sebagian orang masih ragu dengan 'booster' vaksin karena efek sampingnya.
Foto:

Booster Pfizer

Dosis ketiga vaksin Covid-19 Pfizer kini sudah tersedia untuk jutaan orang di dunia dengan kondisi khusus. Pemberian dosis ketiga vaksin Covid-19 dapat diikuti oleh kemunculan beberapa gejala efek samping yang mirip seperti flu ringan.

Centers for Disease Control (CDC) mengungkapkan bahwa dosis ketiga vaksin Covid-19 Pfizer bisa diberikan kepada beberapa kelompok. Kelompok tersebut antara lain lansia berusia lebih dari 65 tahun, orang dewasa dengan masalah kesehatan, orang yang tinggal kondisi perawatan jangka panjang, serta orang yang tinggal atau bekerja di lingkungan berisiko tinggi.

Pemberian dosis ketiga vaksin Covid-19 Pfizer dapat diberikan enam bulan setelah dua dosis vaksin Covid-19 Pfizer diberikan. Penerima vaksin Covid-19 Pfizer juga diperbolehkan CDC untuk mendapatkan dosis ketiga dari vaksin Covid-19 Moderna atau Johnson & Johnson.

Berdasarkan data uji klinis yang dilaporkan ke Food and Drug Administration (FDA), dosis ketiga vaksin Covid-19 Pfizer dapat memunculkan efek samping yang mirip seperti flu. Berikut ini adalah lima efek samping yang paling sering terjadi setelah pemberian dosis ketiga vaksin Covid-19 Pfizer, seperti dilansir Health Digest, Rabu.

Nyeri di Area Suntikan

Rasa nyeri di area suntikan merupakan efek samping yang paling umum ditemukan. Ada lebih dari 83 persen penerima dosis ketiga vaksin yang melaporkan efek samping ini. Selain rasa nyeri, kulit kemerahan dan bengkak di area suntikan juga bisa terjadi.

Rsa nyeri di area suntikan rata-rata berlangsung selama 2,6 hari. Sedangkan kulit kemerahan dan bengkak rata-rata menetap selama 2,2 hari. Akan tetapi, keluhan-keluhan ini dapat dirasakan sampai delapan hari.

Lelah

Sebanyak 63,7 persen penerima dosis ketiga vaksin Covid-19 Pfizer melaporkan efek samping kelelahan. Perasaan lelah ini diserai dengan rasa kantuk yang berlebihan. Keluhan ini akan mereda dalam hitungan hari. Perawatan diri, istirahat, serta hidrasi yang cukup dapat membantu tubuh mengatasi keluhan lelah ini.

Sakit Kepala

Rasa sakit kepala dikeluhkan oleh lebih dari 48 persen orang yang menerima dosis ketiga vaksin Covid-19 Pfizer. Bagi orang yang tak memiliki masalah kesehatan tertentu, kondisi ini dapat diringankan dengan mengonsumsi ibuprofen, aspirin, atau asetaminofen. Cara lain yang juga bisa meringankan sakit kepala adalah kompres dingin di kepala, minum teh, atau minum kopi.

Beberapa upaya pencegahan juga dapat dilakukan untuk menghalau risiko munculnya sakit kepala setelah pemebrian dosis ketiga. Salah satu di antaranya adalah menghindari konsumsi alkohol sebelum jadwal vaksinasi.

Nyeri Otot

Lebih dari 32 persen penerima dosis ketiga vaksin Covid-19 Pfizer berusia 56 tahun ke atas merasakan nyeri otot dan dan 21,5 persen merasakan nyeri sendi. Pada kelompok usia 16-55 tahun, keluhan nyeri otot ditemukan sebanyak 45,5 persen dan nyeri sendi sebesar 27,5 persen.

Hidrasi yang cukup, pakaian yang ringan, dan istirahat bila merasa demam dapat membantu meringankan nyeri otot. Obat pereda nyeri juga dapat digunakan untuk mengatasi efek samping ini. Hindari aktivitas berat atau olahraga ketika merasakan nyeri otot dan biarkan tubuh memulihkan diri.

Kedinginan

Sekitar 41 persen partisipan berusia 16-55 tahun dan 24,8 persen partisipan berusia 56 atau lebih tua merasa menggigil kedinginan setelah diberikan dosis ketiga vaksin Covid-19 Pfizer. Gejala yang muncul mirip seperti menggigil kedinginan saat terkena flu atau pilek.

Penggunaan sweater di area tangan dapat mengurangi rasa dingin ini. Cara lain yang dapat membantu adalah menggunakan selimut dan tidur di tempat hangat. Mandi dengan air hangat juga bisa membantu. Gejala kedinginan ini biasanya akan reda setelah satu atau dua hari. Hubungi dokter bila ada efek samping yang dirasa mengkhawatirkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement