Rabu 03 Nov 2021 07:15 WIB

Mengapa Anak Usia 5-11 Tahun Perlu Vaksin Covid-19?

Anak usia 5-11 tahun di sejumlah negara sudah diizinkan mendapat vaksin Covid-19.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech. Hasil uji klinis menunjukkan, vaksin Pfizer memiliki kemanjuran 90,7 persen terhadap SARS-CoV-2 pada anak usia lima hingga 11 tahun.
Foto:

Vaksin Covid-19 untuk anak-anak berusia lima hingga 11 tahun harus diberikan dalam dua dosis yang diberikan dengan jarak 21 hari. Dosisnya hanya sepertiga yang diberikan kepada remaja dan orang dewasa.

Anak-anak dengan usia lebih muda tidak memerlukan dosis vaksin yang tinggi untuk mengembangkan respons imun yang sama seperti orang dewasa. Dalam uji coba vaksin Pfizer-BioNTech kepada anak-anak terdapat efek samping yang serupa dengan yang terlihat pada orang dewasa, seperti nyeri lengan dan kelelahan.

Ada risiko kecil miokarditis alias peradangan otot jantung, terutama pada anak laki-laki usia remaja dan lebih muda. Namun, kondisi ini relatif jarang dan sebagian besar kasus adalah ringan, serta dapat membaik dengan pengobatan.

Sementara itu, risiko miokarditis pada anak-anak yang pernah terinfeksi Covid-19 adalah 37 kali lebih tinggi daripada mereka yang tidak terinfeksi. McCarthy mengatakan, selalu ada kemungkinan efek samping dari vaksin dan itu berlaku untuk jenis vaksin apapun.

"Banyak orang merasa tidak enak badan selama beberapa hari, tetapi mereka membaik sejalan waktu. Risiko efek samping yang lebih serius sangat kecil," jelas McCarthy.

Anak-anak dengan penyakit seperti kanker atau kondisi lain yang melemahkan sistem kekebalan mereka juga harus segera mendapatkan vaksin Covid-19. Lebih lanjut, Myers mengatakan bahwa penelitian untuk memastikan keamanan vaksin pada anak-anak mulai usia lima tahun telah dilakukan secara menyeluruh dan tepat.

"Ketika menyangkut anak-anak dan perawatan medis, kami tidak mengambil risiko. Kami sangat memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan mereka," jelas Myers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement