Rabu 03 Nov 2021 01:07 WIB

Tips Buat yang tak Kunjung Terlelap Selarut Ini

Kalau tak kunjung terlelap setelah 20 menit berbaring, apa yang harus dilakukan?

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Gunakan kasur hanya untuk tidur. Beraktivitas di tempat tidur akan membuat orang sulit terlelap saat waktu tidur tiba.
Foto:

2. Gunakan kasur hanya untuk tidur

Salah satu kesalahan terbesar adalah menggunakan kasur selain untuk tidur, semisal menonton, bermain gim, dan sebagainya. Meski itu terlihat sepele, namun kebiasaan itu bisa memengaruhi cara kerja otak.

"Begini masalahnya, jika Anda melakukan hal-hal lain di atas kasur sebelum jadwal tidur, entah itu bekerja atau menikmati makanan ringan, otak Anda akan mulai mengasosiasikan kasur sebagai segala sesuatu selain tidur," kata Associate Professor Neurologi NYU Grossman School of Medicine, Alcibiades Rodriguez.

photo
Mengorok bukanlah tanda tidur nyenyak. - (Republika)

3. Jangan paksakan, rileks dan lakukan sesuatu

Beberapa ahli mengatakan, jika tidak kunjung tidur setelah sekitar 20 menit setelah berbaring, Anda disarankan untuk bangun meninggalkan tempat tidur dan melakukan aktivitas ringan. Coba membaca, meditasi, atau menarik napas dalam.

"Jika Anda masih sulit tidur, bangunlah dari kasur dan coba lakukan bmeditasi, berdoa, atau memikirkan orang yang Anda sukai," kata Winter.

Lalu, kapan Anda harus kembali ke tempat tidur? Menurut Winter, tak ada batasan waktu untuk situasi tersebut. "Itu hanya menambah stres. Kembalilah ke tempat tidur jika Anda merasa mengantuk. Jika tidak, begadang saja selarut yang Anda suka dan jangan khawatir tentang itu," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement