Selasa 02 Nov 2021 09:38 WIB

5 Tanda Anak Anda Kesulitan Kembali ke Sekolah

Pada akhir bulan pertama kembali ke sekolah, anak seharusnya sudah beradaptasi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah pelajar menunggu waktu pergantian kelas saat pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SD Negeri 064979, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatra Utara, Senin (1/11/2021). Perhatikan bagaimana anak menyesuaikan diri saat kembali ke sekolah.
Foto:

5. Anda memperhatikan masalah yang sama dari tahun lalu

Orang tua memiliki kecenderungan untuk berharap banyak hal indah saat anak memasuki tahun ajaran baru. Mereka optimistis bahwa masalah apa pun yang muncul tahun lalu dapat diselesaikan dengan berada di ruang kelas baru atau didikan guru baru.

Banyak ayah dan ibu meyakini kelas baru dapat membantu anak mengatasi hambatan dan kemajuan. Akan tetapi, kalau salah satu kekhawatiran yang tersisa dari tahun sebelumnya tampaknya muncul lagi tahun ini, sebaiknya jangan dibiarkan saja.

"Jika Anda khawatir tahun lalu bahwa anak Anda tertinggal, khawatir tentang mereka secara sosial, khawatir tentang perhatian dan fokusnya, jangan biarkan," kata Jackson.

Banyak orang tua mengambil pendekatan menunggu dan melihat. Padahal, sekolah terus berjalan.

Jackson menganjurkan untuk mulai menangani masalah yang masih ada secara langsung. Tanyakan kepada anak Anda bagaimana kabarnya. Bicaralah dengan guru mereka. Periksa dengan dokter anak tentang masalah khusus yang mungkin ada.

Jangan meremehkan berapa banyak perubahan yang telah dihadapi anak-anak selama setahun terakhir. Mereka mungkin membutuhkan sedikit dukungan ekstra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement