Selasa 02 Nov 2021 09:38 WIB

5 Tanda Anak Anda Kesulitan Kembali ke Sekolah

Pada akhir bulan pertama kembali ke sekolah, anak seharusnya sudah beradaptasi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah pelajar menunggu waktu pergantian kelas saat pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SD Negeri 064979, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatra Utara, Senin (1/11/2021). Perhatikan bagaimana anak menyesuaikan diri saat kembali ke sekolah.
Foto:

3. Jadi pemarah atau terlalu menempel pada orang tua

Kemarahan pada anak-anak bisa menjadi tanda kecemasan. Mereka dapat menunjukkannya dengan banyak cara, tergantung tahap perkembangannya.

Anak-anak yang lebih besar mungkin bertingkah, berteriak, atau menjadi sangat menentang. Anak-anak yang lebih kecil mungkin mengamuk atau tampak lebih rewel dari biasanya.

Terlalu menempel juga telah menjadi masalah yang berkelanjutan selama pandemi, dan itu harus diwaspadai saat ini. Anak-anak cenderung menempel pada orang tua karena mereka ingin merasa aman, apalagi ketika mereka tidak punya aktivitas rutin, seperti selama pandemi.

Ketika sudah kembali ke sekolah, banyak anak harus benar-benar menyesuaikan diri dengan rutinitas baru yang memberinya rasa nyaman dan stabilitas, bahkan dengan gangguan terkait Covid-19. Jadi, jika anak masih terlalu menempel dengan Anda, bicarakan dengan guru atau dokter anak.

4. Rutinitas sehari-hari mereka sepertinya masih sangat menantang

Pertama dan terpenting: jangan mengharapkan kesempurnaan atau semacamnya. Rutinitas pagi tidak akan selalu mulus. Anak-anak mungkin perlu diminta 400 kali sebelum mereka melakukan sesuatu, dan itu tidak masalah.

"Transisi dan perubahan menuntut fungsi eksekutif," jelas Jackson, mengacu pada serangkaian keterampilan, seperti pengendalian diri dan manajemen waktu, yang membantu kita semua mengelola tugas sehari-hari.

Seiring dengan pertambahan usia dan kedewasaannya, orang akan lebih mampu menangani stres dan perubahan. Anak prasekolah mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas kembali ke sekolah yang baru daripada seorang anak berusia 12 tahun.

Namun, menurut Jackson, sebagian besar anak benar-benar harus menyesuaikan diri pada akhir bulan pertama. Jadi, jika Anda menemukan bahwa transisi pagi saat ini masih sangat sulit atau bahwa anak Anda yang lebih besar masih belum terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah sama sekali, ada baiknya perhatikan bagaimana mereka melakukannya secara keseluruhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement