Kamis 28 Oct 2021 10:36 WIB

Chris Evans Isi Suara Buzz di Film Lightyear

Di semesta Toy Story, Buzz bukan mainan melainkan space ranger.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Karakter Buzz Lightyear di film Lightyear.
Foto: Pixar/Disney
Karakter Buzz Lightyear di film Lightyear.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Aktor Chris Evans memerankan Buzz Lightyear dalam film baru Pixar berjudul Lightyear. Sutradara teaser film, Angus MacLane, memberi penjelasan lebih lanjut tentang karakter Evans.

“Ini adalah film aksi fiksi ilmiah langsung tentang karakter Buzz Lightyear,” kata MacLane, yang ikut menyutradarai Finding Dory dan beberapa film pendek Toy Story untuk Pixar dillansir di Entertainment Weekly, Kamis (28/10).

Di semesta Toy Story, ini adalah film Buzz Lightyear bukan sebagai mainan, tetapi space ranger. Seperti yang penonton ketahui dari film Toy Story, Buzz yang disuarakan oleh Tim Allen adalah mainan berdasarkan Buzz dari waralaba fiksi ilmiah populer, karakter yang menjadi kapten Unit Perlindungan Alam Semesta dari korps Space Ranger dari Aliansi Intergalaksi.

Pada Desember tahun lalu, film itu pertama kali diumumkan dengan Evans sebagai pengisi suaranya. Pixar mengungkapkan Lightyear merupakan cerita asal untuk karakter itu, yakni pilot muda yang menjadi penjaga ruang angkasa.

"Ketika Anda mendengar tentang Buzz Lightyear di Toy Story berbicara tentang space ranger-nya atau Star Command, itu adalah campuran satu nada klise fiksi ilmiah yang merupakan inti dari film itu," ujar MacLane.

Kesamaan yang dia temukan melalui semua film adalah Buzz memiliki ketidaksepakatan atas sifat realitas. Dalam Toy Story pertama, Buzz percaya dirinya sebagai penjaga ruang angkasa, sementara Woody (Tom Hanks) tahu bahwa dia adalah mainan.

MacLane sebelumnya mengarahkan film pendek 2011 Toy Story Toons: Small Fry yang memperkenalkan Buzz mini. "Jadi, bagi kami, ide inti yang ingin kami bangun adalah bagaimana memiliki karakter yang tidak sesuai dengan dunia di sekitar mereka,” kata dia.

Ada hal-hal yang menghubungkan Buzz Evans ke Buzz Allen, seperti pakaian luar angkasa Buzz Lightyear yang ikonik, yang muncul di trailer dan slogannya yang terkenal dari karakter tersebut. Evans mengucapkan, "To infinity and beyond" sebelum trailer Lightyear habis.

Versi Kaisar Zurg, musuh bebuyutan Buzz di Toy Story, kemungkinan juga berperan dalam Lightyear, meskipun MacLane tidak bisa mengatakan banyak. “Saya tidak berhak mengatakan apa pun saat ini,” ujarnya.

Di luar itu, Lightyear dimaksudkan sebagai film fiksi ilmiah epik. Trailer dibuka dengan adegan Buzz mengunci roket yang menggunakan sumber tenaga energi kristal misterius yang memungkinkannya terbang mengelilingi matahari tanpa terbakar.

"Apakah itu akan memainkan peran yang lebih besar dalam film? Ya akan," kata MacLane membahas adegan itu.

MacLane berharap memberikan penonton jenis film fiksi ilmiah yang dia tonton dari 1977-1991, tetapi dengan sensibilitas yang lebih modern.

Star Wars adalah nama yang muncul dalam percakapan. Sebuah adegan dari trailer menunjukkan Buzz dan droid bersembunyi di balik batang pohon yang runtuh di sebuah planet berkabut tak dikenal, yang mengeluarkan getaran utama Dagobah dari The Empire Strikes Back. "Saya akan mengatakan di Pixar, Star Wars adalah bahasa yang umum ketika saya mulai di 1997. Itu adalah hal yang tidak bisa kami hilangkan dari pikiran kami," ujar MacLane.

Dunia berubah selamanya begitu melihat Star Wars. Dia mengatakan paralel Star Wars dengan Lightyear tidak selalu disengaja. Dia tidak terlalu tertarik untuk mengulangi hal-hal atau mengingatkan penonton tentang film yang lebih baik, tapi ada banyak pelajaran visual dari film-film di era itu.

Bagi MacLane, Lightyear adalah penyulingan dari berbagai hal yang menurutnya keren. "Dekritnya adalah, buat saja itu luar biasa. Saya merasa kami telah kehilangan rasa bahagia, sayangnya, di banyak film besar. Jadi, saya mencoba untuk menanamkannya lagi,” kata dia.

Evans berbagi pandangan tentang keterlibatannya dengan film ini. “Ungkapan 'mimpi yang menjadi kenyataan' sering dilontarkan, tetapi saya tidak pernah dalam hidup saya," ujar Evans.

Dia mengatakan orang-orang yang mengenalnya pasti tahu bahwa dia sangat menggemari film animasi. Karena itu, dia tak percaya bisa menjadi bagian dari keluarga Pixar dan bekerja dengan seniman, yang menceritakan kisah tidak seperti orang lain. Lightyear akan tayang perdana pada 17 Juni 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement