Rabu 27 Oct 2021 02:30 WIB

Cara Mengajak Anak-Anak Fobia Jarum untuk Vaksinasi

Beberapa negara telah mengizinkan anak-anak untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 kepada seorang warga saat dilaksanakannya vaksinasi di Kota Kupang, NTT, Selasa (26/10/2021). Dinas Kesehatan NTT mencatat hingga Selasa (26/10/2021) capaian vaksinasi COVID-19 di NTT baru mencapai 1.452.386 orang dari target atau sasaran 3.831.439 orang.
Foto:

Gunakan bahasa yang netral

Penting bagi orang dewasa untuk tetap tenang saat memberikan informasi. Sebab, anak-anak mencari petunjuk dari orang tua mereka tentang cara merespons. Selain itu, ada baiknya juga menggunakan bahasa yang netral.

Ucapkan "vaksin" alih-alih "suntik" saat membicarakannya. Gunakan kata "cubitan" atau "tekanan" untuk menggantikan "tusukan".

Sangat umum bagi anak-anak untuk mengajukan banyak pertanyaan saat mereka mencoba mengumpulkan informasi dan memahami apa yang akan terjadi.

Fokus pada pernapasan dan mindfulness

Pernapasan dalam adalah cara yang efektif pada usia berapa pun. Cara terbaik agar teknik-teknik ini berhasil adalah dengan mempraktikkannya sehingga Anda tidak mencoba untuk belajar dalam keadaan kecemasan atau ketakutan yang tinggi.

"Pada minggu-minggu menjelang vaksinasi, luangkan waktu sebelum tidur untuk melakukan beberapa latihan pernapasan dalam atau meditasi terpandu, sehingga anak Anda terbiasa dengan langkah-langkah dalam prosesnya," jelas Foy.

Rencanakan kenyamanan

Berapa pun usia anak Anda, bawalah barang-barang yang nyaman. Boneka binatang favorit, selimut yang nyaman, atau buku yang sangat disukai semuanya dapat memberikan kenyamanan selama momen yang menegangkan. Tanyakan kepada anak Anda barang apa yang akan membantu jika mereka merasa khawatir selama vaksinasi.

Pilih hadiah

 

Hadiah adalah sebuah ide bagus untuk diberikan setelah vaksinasi. Di atas segalanya, fokuslah pada hal-hal positif. Vaksin ini sangat berarti bagi banyak anak, seperti untuk bermain dengan teman dan bertemu kakek-nenek, jadi ingatlah untuk membicarakan hal-hal menarik yang akan datang setelah vaksinasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement