Selasa 26 Oct 2021 00:05 WIB

10 Makanan Ini Bantu Proses Penuaan Lebih Sehat

Menjadi tua adalah pasti, namun bisa dalam kondisi sehat atau tidak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Menjadi tua adalah pasti, namun bisa dalam kondisi sehat atau tidak.
Foto:

6. Biji rami

Biji rami menawarkan manfaat kesehatan yang mengesankan. Biji rami mengandung jenis antioksidan yang dikenal sebagai lignan, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, mereka tinggi omega-3 yang dikenal sebagai asam alfa-linolenat (ALA), yang mendukung membran kulit yang sehat.

7. Delima

Seperti kebanyakan buah-buahan, buah delima penuh dengan nutrisi sehat. Delima kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

8. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat untuk jantung, serat, dan beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan, yang membantu mendukung membran kulit yang sehat dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan.

9. Tomat

Tomat memberikan banyak manfaat kesehatan yang mengesankan, beberapa di antaranya dapat dikaitkan dengan kandungan likopennya yang tinggi. Tomat kaya akan likopen, yang dapat memberikan perlindungan kecil dari sinar UV matahari.

Baca juga : Praktisi Kesehatan Paparkan Tips Memilih Disinfektan Spray

10. Peptida kolagen

Kolagen adalah protein tubuh yang paling melimpah, dan ditemukan dalam jumlah tinggi di kulit serta persendian. Seiring bertambahnya usia, tubuh kita mulai memecah kolagen dan memproduksinya dengan kurang efektif. Hal ini dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan kulit secara bertahap, seperti kerutan dan kulit kendur.

Meskipun proses ini adalah bagian alami dari penuaan, mengonsumsi makanan yang mendukung sintesis kolagen dapat membantu menjaga kesehatan kulit lebih lama. Ini termasuk makanan kaya protein dan vitamin C.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement