Sabtu 23 Oct 2021 06:50 WIB

Mau Selfie Tampak Lebih Menarik? Ambil Sisi Kiri Wajah

Mengapa wajah sebelah kiri wajah tampak lebih menarik untuk difoto?

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Selfie. Dokter yang populer di TikTok mengungkap alasan memotret sisi kiri wajah dapat menghasilkan foto yang lebih menarik.
Foto:

Manusia menunjukkan bias sisi kiri yang jelas ketika mereka memproses wajah orang lain. Awal tahun ini, para ahli mengungkapkan bahwa bias sisi kiri tidak mencerminkan ras tertentu.

"Wajah chimeric yang dibangun dengan sisi kiri (dari sudut pandang yang melihatnya) wajah dan bayangan cerminnya, biasanya dinilai lebih mirip dengan wajah aslinya daripada wajah chimeric yang dibangun di sisi kanan," kata Perception and Psychophysics dalam tulisannya untuk Attention.

"Studi sebelumnya telah mengarakterisasi bias sisi kiri, terutama dengan wajah ras oriental, tetapi masih belum jelas apakah efek ini spesifik ras atau apakah itu mencerminkan keahlian visual universal," paparnya.

Mereka mengamati lebih dari 100 siswa China yang menyelesaikan dua tugas identifikasi yang berbeda. Peneliti menemukan bahwa ada bias sisi kiri yang signifikan untuk wajah ras oriental (China) dan ras lain (Kaukasia), menunjukkan bahwa bias sisi kiri mencerminkan keahlian visual universal dalam pemrosesan wajah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement