Selasa 19 Oct 2021 05:10 WIB

IFC: Sustainable Fashion Bukan Sebatas Tren

Ketua IFC mengajak industri busana di Indonesia terapkan sustainable fashion.

Ketua Nasional Indonesia Fashion Chamber Ali Charisma. Menurut Ali, sustainable fashion adalah keharusan bagi industri fashion.
Foto:

Lebih lanjut Ali mengatakan, menggunakan konsep sustainability bukan berarti tidak peduli pada tren dunia. Menurut Ali, hal ini dapat berjalan secara bersamaan.

Misalnya saja, produser dan desainer menggunakan material yang ramah lingkungan, dan busana tersebut bisa didaur ulang menjadi produk baru sehingga sampahnya tidak mencemari lingkungan. Contoh lainnya adalah dengan menggunakan sisa kain atau bahan untuk produk fashion lain sehingga tidak ada yang terbuang percuma.

"Ujungnya kita harapkan bisa bersaing dengan industri global dengan ready to wear craft fashion," jelas Ali.

Ali juga mengatakan, fashion berkelanjutan memiliki potensi besar di pasar internasional. Selain itu, rumah mode dunia pun kini mulai beralih menuju fashion berkelanjutan, bahkan merek-merek ternama dari industri fast fashion juga sudah mulai menerapkannya.

"Jadi keberlanjutan ini adalah gaya hidup baru, ke depannya selain memang fashion yang punya dampak negatif, akan tetapi sustainable fashion ini punya potensi pasar yang begitu besar sekali. Jadi potensi ini jangan sampai terlewat," kata Ali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement