Kamis 14 Oct 2021 20:26 WIB

Sesak Setelah Sembuh Covid-19, Apa yang Terjadi pada Paru?

Gejala sisa Covid-19 dapat terjadi pada beragam organ, termasuk paru.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Perbandingan kondisi paru pasien Covid-19 yang belum divaksinasi dengan yang sudah divaksinasi.
Foto:

Mia mengatakan, penting untuk memastikan terlebih dahulu bahwa pasien benar-benar telah sembuh. Orang yang dikatakan sembuh dari Covid-19 adalah mereka yang selesai isolasi dan beberapa kasus membutuhkan surat dinyatakan sembuh dari dokter.

"Kriteria yang lain lepas isolasi itu berbeda-beda, bergantung dari gejala ringan dan beratnya Covid-19 yang dialami. Misalnya, pada pasien yang memiliki gejala berat atau kritis, maka selesai isolasi minimal 10 hari atau lebih ditambah tiga hari bebas gejala," jelas dia.

photo
Beda sakit tenggorokan biasa dengan gejala Covid-19. - (Republika)

Selain itu, bagi yang gejala berat, biasanya akan memerlukan swab PCR satu kali negatif. Sebab, pada pasien gejala berat yang pernah membutuhkan ventilator atau yang masuk ICU, terkadang mengalami gejala sisa.

Berbeda dengan pasien yang memiliki gejala ringan dan sedang. Mereka yang pada saat terkena Covid-19 mengalami demam, anosmia, gangguan penciuman, batuk, dan sesak yang bukan berat dan tak membutuhkan ventilator, hanya membutuhkan kriteria sembuh dengan menyelesaikan isolasi minimal 10 hari dan tiga hari bebas gejala. 

"Sementara bagi yang mengalami tanpa gejala saat dites positif Covid-19, maka mereka memiliki kriteria sembuh hanya dengan menyelesaikan isolasi minimal 10 hari lamanya," kata Mia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement