Sabtu 09 Oct 2021 22:40 WIB

Peluang Matthew McConaughey Bila Jadi Gubernur Texas

Matthew McConaughey dikabarkan akan mencalonkan diri menjadi gubernur Texas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Matthew McConaughey dikabarkan akan mencalonkan diri menjadi gubernur Texas.
Foto: Flick
Matthew McConaughey dikabarkan akan mencalonkan diri menjadi gubernur Texas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Matthew McConaughey menghadapi peluang dan risiko tertentu jika dirinya mencalonkan diri sebagai Gubernur Texas. Aktor pemenang Oscar tersebut telah secara terbuka mengungkap prospek dirinya untuk memimpin negara bagian terpadat kedua di AS tersebut. 

Namun, seorang sumber mengatakan kepada The Hollywood Reporter bahwa McConaughey belum menggalang dana atau mengumpulkan staf potensial, selain melakukan panggilan telepon eksplorasi. 

Baca Juga

“Itu tidak berarti dia tidak bisa menyatakan pencalonannya dan kemudian mencari tahu detailnya nanti, tetapi saat ini tampaknya tidak ada gerakan ke arah itu,” kata sumber tersebut, dikutip Sabtu (09/10).

Dunia politik Texas dilaporkan skeptis bahwa penduduk asli Texas berusia 51 tahun itu pada akhirnya akan terjun ke dunia politik. Akan tetapi peluangnya tetap terbuka, terutama jika dibandingkan dengan calon potensial lain yang belum diumumkan, yaitu Beto O' Rourke.  O’ Rourke merupakan mantan anggota kongres yang kalah tipis dalam pencalonan senat dari petahana Ted Cruz pada 2018 dan baru-baru ini muncul sebagai calon penantang serius bagi pejawat Greg Abbott.

Sebuah survei Juli oleh University of Texas, Tyler, menyatakan 44 persen orang Texas akan memilih McConaughey dalam pemilihan hipotetis versus 35 persen untuk Abbott, dengan 54 persen percaya bahwa negara bagian itu "di jalur yang salah." Ketika Abbott dipasangkan melawan O'Rourke, hasilnya berbalik, dengan gubernur mengumpulkan 42 persen dan O'Rourke 37 persen.

McConaughey juga dapat memiliki keuntungan lain, seperti halnya ulasan media. Texas mencakup 20 pasar media yang berbeda, nomor dua setelah California, yang membuatnya menjadi negara bagian sangat sulit untuk kampanye biasa.

Aktor “Interstellar” ini dianggap akan mendapat perlindungan. Texas juga adalah negara bagian penggalangan dana tanpa batas. Jadi jika seorang pendukung Hollywood ingin menulis cek satu juta dolar untuknya, itu berpotensi bisa terjadi. 

Pada bulan Maret, McConaughey mengadakan penggalangan dana konser "We're Texas", dan berhasil mengumpulkan 7,8 juta dolar AS (Rp 111,2 miliar) sebagai bantuan untuk keluarga yang terkena dampak badai musim dingin. Bencana itu menghancurkan wilayah dan menewaskan lebih dari 50 orang.

Dalam wawancara podcast New York Times dengan Kara Swisher yang diterbitkan pada 7 Oktober, McConaughey mengonfirmasi bahwa sebenarnya dia tidak tertarik dengan politik. Dia bisa saja benar-benar terjun asalkan bisa membuat perubahan nyata.

Terkait posisi politiknya, sang aktor juga masih bersikap netral. McConaughey mengaku memang sengaja bersikap seperti demikian. 

“Saya tidak berbicara politik, saya berbicara tentang orang-orang,” ujarnya.

Calon gubernur Texas harus mengajukan diri paling lambat 13 Desember. McConaughey harus mempertegas niatnya tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement