Sabtu 09 Oct 2021 07:55 WIB

Menjaga Bentuk Tubuh di Usia 50 Selain Diet

Tak ada kata 'terlalu tua' untuk menjaga bentuk tubuh.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Tak ada kata 'terlalu tua' untuk menjaga bentuk tubuh.
Foto:

4. Cek timbangan

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Behavioral Medicine menemukan bahwa hanya dengan kenaikan timbangan setiap hari dapat membantu sekelompok wanita menurunkan berat badan dan mengurangi BMI mereka. Penelitian lain yang diterbitkan dalam Circulation melaporkan bahwa subjek yang menimbang diri mereka sendiri rata-rata 6-7 kali per pekan kehilangan rata-rata 1,7 persen dari berat badan mereka selama setahun. 

Sedangkan mereka yang hanya sesekali menginjak timbangan, tidak mengalami penurunan berat badan sama sekali. Jamie Cooper dari University of Georgia menyebut kemungkinan itu karena yang mengecek timbangan lebih berhati-hati mengatur makanan.

 

5 Latihan Tai Chi

Seni bela diri Tiongkok kuno yang dikenal sebagai Tai Chi adalah cara rahasia lain untuk orang dewasa yang lebih tua tetap mendapat tubuh ramping. Bahkan latihan ini uga dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine yang mengetes lebih dari 500 orang berusia di atas 50 tahun menyimpulkan bahwa Tai Chi sama efektifnya dengan olahraga tradisional dalam hal mengurangi lemak perut.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement