Kamis 07 Oct 2021 05:50 WIB

3 Aturan Menyimpan Teh demi Menjaga Rasa dan Aromanya

Cara menyimpan teh yang salah bisa merusak kualitasnya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Cara menyimpan teh yang salah bisa merusak kualitasnya.
Foto:

2. Simpan teh di tempat gelap

Aturan selanjutnya yang perlu diingat saat menyimpan teh menurut kedua ahli tersebut adalah harus disimpan di tempat yang gelap. Stewart menjelaskan bahwa daun teh dapat menyerap sinar matahari, yang merusak daun. Ketika daunnya rusak, itu berarti rasa dan manfaat kesehatan dari teh telah menurun. Karena efek sinar matahari ini, Stewart mengatakan wadah yang terbuat dari kaca tidak sebaik wadah yang tidak tembus pandang untuk menyimpan teh.

 

3. Tetap dingin

Teh tidak boleh disimpan di lemari es, melainkan disarankan ditaruh di tempat sejuk. Mirip dengan cahaya, panas dapat menurunkan daun teh, membuat rasa dan manfaatnya tidak sekuat itu. Jadi, menyimpan teh di samping kompor, misalnya, adalah pilihan tidak tepat. 

Tentu saja ada beberapa pengecualian untuk tiga aturan emas penyimpanan teh. De La Vega mengatakan, jika memiliki teh Pu'er atau sejenis fermentasi dari Yunnan, Cina, maka sebaiknya disimpan di tempat yang lebih berongga. 

"Ini membantu memfasilitasi proses penuaan sehingga rasa dapat terus berkembang," katanya. 

Pengecualian lainnya adalah matcha. Matcha bisa disimpan dalam wadah yang menghilangkan sebagian besar udara saat ditutup, lalu bisa ditaruh wadah di freezer. Stewart menambahkan bahwa cara ini dapat membuat teh tetap segar dan tahan lama daripada hanya disimpan di dapur.

Jika disimpan dengan benar, Stewart mengatakan teh bisa bertahan lama. Sementara untuk teh campuran, memang masa kadaluarsanya tidak sepanjang teh asli, meskipun tetap penting memperhatikan prosedur penyimpanannya. 

"Beberapa tahun lalu saat membersihkan lemari, saya menemukan teh yang saya beli di Asia sepuluh tahun lalu. Saya membuatnya dan, yang mengejutkan, tehnya enak. Jangan membuang teh hanya karena tanggal kesegaran,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement