Selasa 05 Oct 2021 21:17 WIB

Dampak Paparan Paracetamol Berlebihan pada Tubuh

Terpapar atau mengkonsumsi parasetamol secara berlebihan bisa merusak organ tubuh.

Rep: Febryan A / Red: Dwi Murdaningsih
Paracetamol (Ilustrasi)
Foto:

Kata Etty, terpapar atau mengkonsumsi parasetamol secara berlebihan bisa merusak organ tubuh manusia. Adapun ambang batas tubuh manusia bisa mentoleransi parasetamol adalah 500 gram per sekali konsumsi. Kandungan parasetamol sebanyak itu akan dinetralisir oleh hati.

Jika sedikit lebih banyak dari 500 gram, lanjut dia, maka hati akan melakukan proses metabolisme tahap lanjut, tapi disertai adanya potensi kerusakan. Hanya saja, kerusakannya masih skala kecil sehingga bisa pulih karena adanya regenerasi dalam tubuh.

"Kecuali jumlahnya sudah banyak, hati sudah tidak mampu lagi, maka hati yang akan rusak," kata Etty dalam kesempatan sama.

Selain bisa merusak hati, konsumsi parasetamol dalam jumlah berlebihan juga akan merusak saluran pencernaan. Sebab, kata Etty, parasetamol dalam jumlah berlebih di dalam tubuh akan merangsang produksi asam lambung. "Kalau asam lambung keluar terus, maka usus itu akan iritasi. Bisa luka," ungkapnya.

Etty menambahkan, konsumsi parasetamol dalam jumlah berlebihan juga akan merusak ginjal. Sebab, ginjal juga reseptor tubuh manusia, selain hati dan saluran pencernaan.

Adapun KLHK akan mengusut penyebab pencemaran parasetamol di Teluk Jakarta ini. Sebanyak 27 perusahaan farmasi akan dipanggil untuk mengetahui metode pengolahan limbahnya. Tim khusus juga sudah dibentuk untuk mengkaji temuan ini dan menentukan regulasi pengendaliannya ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement