Rabu 15 Sep 2021 00:32 WIB

Vaksin Flu, Bolehkah Diberi Barengan dengan Vaksin Covid-19?

Sebagian warga Amerika Serikat jadwal vaksinasi flunya bentrok dengan Covid-19.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksinasi Covid-19. Ada konsekuensi yang mungkin dirasakan orang ketika mendapatkan vaksin Covid-19 berbarengan dengan vaksin flu.
Foto:

Mereka yang mendapatkan dua jenis vaksin sekaligus mungkin mengalami rasa sakit yang sedikit lebih banyak atau merasa lebih demam. Tetapi, sebagian besar efek samping dari kedua vaksin tersebut ringan dan hilang dalam satu atau dua hari.
 
Di Amerika Serikat, vaksin flu musim 2021-2022 baru mulai diluncurkan, jadi belum banyak data nasional tentang orang yang mendapatkan dua suntikan sekaligus. Pemberian dua jenis vaksin dalam waktu yang sama adalah taktik yang sangat umum yang dilakukan di sana.
 
photo
Cara mengatasi efek samping vaksinasi Covid-19. - (Republika)
 

3. Vaksin flu pada awal musim gugur

Secara umum, September dan Oktober adalah waktu yang ideal untuk mendapatkan vaksin flu bagi warga Amerika Serikat. Para ahli selalu menekankan bahwa suntikan tetap layak dilakukan di musim gugur atau musim dingin, karena musim flu dapat mencapai puncaknya pada bulan Maret dan berlangsung hingga musim semi.

"Saya akan mengatakan itu selalu lebih baik untuk mendapatkan suntikan flu lebih awal, tidak peduli musimnya," kata Minges. 

 

Menurut Minges, kasus kecil influenza di seluruh dunia pada tahun lalu membuat para ahli tak punya banyak informasi seperti biasanya untuk memutuskan virus flu spesifik mana yang akan dimasukkan ke dalam vaksin tahun ini. Akan tetapi, itu bukan alasan untuk menghindari suntikan vaksin flu.

 

Selain itu, tidak ada cara untuk mengetahui seberapa buruk musim flu tahun ini. Pertahanan terbaik melawan influenza dan Covid-19 adalah vaksinasi.

 

Itu adalah nomor satu. Sertai dengan menaga jarak sosial yang aman, memakai masker, sering mencuci tangan, tidak pergi ke sekolah atau bekerja saat sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement