Selasa 14 Sep 2021 05:10 WIB

4 Makanan Ini Justru Buat Jerawat Meradang

Ketika jerawat muncul disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan tertentu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Ketika jerawat muncul disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan tertentu.
Foto:

2. Makanan olahan

Dr. Harth juga menyarankan untuk menghindari makanan olahan seperti sereal, makanan panggang, permen, makanan yang digoreng, roti dan keripik, karena dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin.

Menurut dia, makanan olahan bisa menyebabkan kadar glukosa kita meningkat dengan cepat, memicu peningkatan hormon pertumbuhan. Hal ini menyebabkan pembesaran kelenjar minyak sebaceous, produksi sebum lebih banyak, dan akhirnya, lebih banyak jerawat.

"Oleh karena itu, makanan tinggi glikemik harus dibatasi atau dihilangkan seluruhnya dari diet pada orang dengan kulit berjerawat," jelas Dr. Harth.

3. Makanan dengan indeks glikemik tinggi

Dr Harth menjelaskan bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi juga bisa meningkatkan produksi sebum kulit dan menyebabkan jerawat. Beberapa makanan yang harus dihindari meliputi: roti, granola manis, oatmeal manis, melon, nanas, buah kering, kentang putih, nasi putih dan pasta.

4. Ragi

Dr Harth juga menyarankan untuk menghindari produk roti yang dibuat dengan jenis ragi tertentu utamanya ragi bir. Ragi bir adalah bahan yang digunakan di sebagian besar produk roti seperti roti, adonan pizza, dan kue untuk membantu makanan mengembang.

"Menghindari produk dengan ragi bir dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Anda juga dapat menemukan ragi bir di bir, cuka, kecap, tempe, dan beberapa makanan acar," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement