Ahad 12 Sep 2021 21:27 WIB

Pendapatan Box Office AS Naik 893 Persen

Angka ini memperlihatkan kemajuan saat bioskop dibuka kembali usai lockdown.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Gedung bioskop AMC di Georgetown,  Washington DC, Amerika Serikat. Penghasilan film box office di Amerika Serikat (AS) untuk musim panas 2021 meningkat sebesar 893 persen jika dibandingkan 2020 (ilustrasi).
Foto: EPA
Gedung bioskop AMC di Georgetown, Washington DC, Amerika Serikat. Penghasilan film box office di Amerika Serikat (AS) untuk musim panas 2021 meningkat sebesar 893 persen jika dibandingkan 2020 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Penghasilan film box office di Amerika Serikat (AS) untuk musim panas 2021 meningkat 893 persen jika dibandingkan 2020. Namun, angka ini masih kalah jauh dibandingkan perolehan pada 2019 (sebelum pandemi Covid-19). 

Film-film rilisan bioskop musim panas 2021 di antaranya Black WidowF9, dan A Quiet Place Part II. Musim panas 2021 memperlihatkan kemajuan saat bioskop dibuka kembali setelah penutupan karena lockdown diberlakukan selama pandemi Covid-19. Setelah penundaan, penutupan, dan rencana rilis alternatif seperti di layanan streaming diperkenalkan, bioskop akhirnya dibuka kembali dan memutar film-film terbaru sekali lagi.

Sama seperti banyak bagian lain dari industri hiburan seperti konser dan pertunjukan panggung, bioskop ditutup untuk mencegah pandemi Covid-19. Akhirnya studio film berlomba menemukan strategi rilis alternatif atau menahan rilis film besar.

Sejak pembatasan dicabut dan teater dibuka kembali, penonton dengan hati-hati kembali menonton, menyebabkan film Shang Chi and The Ten Rings memecahkan rekor Hari Buruh di box office AS. Meskipun angka box office menunjukkan optimisme, namun masih jauh dari angka prapandemi.

Menurut laman Deadline, perkiraan pendapatan box office dari akhir pekan pertama Mei hingga akhir pekan Hari Buruh berjumlah 1,75 miliar dolar AS (Rp 24,9 triliun) di AS. Ini sembilan kali lipat dari pendapatan box office senilai 176,4 juta (Rp 2,5 miliar) selama periode yang sama pada 2020.

Meskipun pertumbuhan yang mengesankan, angka box office 2021 masih "pucat" dibandingkan pendapatan box office AS pada 2019 sebesar 11,3 miliar dolar AS (Rp 161,1 triliun). Meskipun angka box office mungkin tidak sebaik 2019, tetap saja ini merupakan tanda yang menjanjikan untuk studio dan bioskop.

Walaupun masih banyak penonton ragu karena takut dengan varian Delta dan sebagian besar memilih melihat rilis pada layanan streaming, tapi banyak juga orang yang perlahan tapi pasti kembali ke bioskop untuk menikmati film terbaru. Pada gilirannya, ini akan membuat studio lebih percaya diri merilis lebih banyak film utama mereka di bioskop.

Hal ini dapat dilihat dari film Shang-Chi and the Ten Rings, di mana penghasilan box office-nya menginspirasi Disney melanjutkan rilis Eternals hanya di bioskop pada 5 November, serta Sony yang memajukan tanggal rilis Venom: Let There Be Carnage pada 1 Oktober.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement