Jumat 10 Sep 2021 11:51 WIB

Miracle Bantu YoonA Tumbuh Sebagai Aktris

YoonA bintangi film Miracle: Letters to the President.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
YoonA Girls Generation kembali ke dunia seni peran dengan membintangi Miracle: Letters to the President.
Foto: EPA
YoonA Girls Generation kembali ke dunia seni peran dengan membintangi Miracle: Letters to the President.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Penyanyi dan aktris Korea Selatan Lim Yoon-a alias YoonA hanya memiliki dua film dalam filmografinya. Jumlahnya tidak seberapa dibandingkan dengan diskografinya yang panjang sebagai anggota grup K-pop Girls' Generation dan artis solo.

Meski begitu, kedua judul tersebut, Confidential Assignment (2017) dan Exit (2019) tidak bisa diabaikan di industri film Korea. Debut akting layar lebarnya di sebuah film aksi tentang proyek investigasi rahasia antar-Korea, Confidential Assignment, menarik 7,8 juta penonton bioskop. Sementara itu, komedi bencana Exit dengan YoonA sebagai pemeran utama meraih 9,4 juta penonton.

Baca Juga

Dua kesuksesan itu telah memberi YoonA julukan baru, yaitu Peri Pembuat Hit. Penyanyi berusia 31 tahun tersebut terjun ke dunia seni peran lewat serial drama Two Outs in the Ninth Inning pada 2007.

Sejak itu, YoonA mengisi filmografinya dengan karya-karya yang menantang semangat aktingnya. YoonA mengatakan film ketiganya, Miracle: Letters to the President adalah proyek yang memperluas wawasan aktingnya.

Sebelum memilih sebuah proyek, YoonA mengatakan, selalu mempertimbangkan apakah karya ini akan membantu dia tumbuh atau tidak.

"Miracle memberi saya tantangan baru, seperti mempelajari dialek lokal dan memerankan seorang siswa sekolah menengah dalam set film di masa lalu," kata YoonA, dilansir Yonhap, Kamis (9/9).

Berlatar 1980-an, Miracle didasarkan pada kisah nyata tentang pemberhentian kereta di desa terpencil tanpa jalan di Provinsi Gyeongsang Utara. Desa itu memiliki satu stasiun kereta api yang dibangun secara pribadi dan terkecil di negara ini.

Film itu mengikuti kisah Joon-kyeong (Park Jung-min), seorang ahli matematika yang ingin membangun stasiun kereta api di kaki desanya untuk transportasi yang lebih aman. Desanya hanya memiliki rel kereta api tetapi tidak ada stasiun umum, dan tidak ada jalan untuk orang-orang yang pergi ke pusat kota.

"Seperti judulnya, film ini menyoroti serangkaian keajaiban, cinta, dan dukungan di sekitar stasiun kecil itu. Saat membaca skenario, saya pikir saya tersentuh dan bahkan terhibur oleh ceritanya," ujar YoonA.

YoonA memerankan Ra-hee, kekasih Joon-kyeong yang membantu pria itu mengirim lebih dari 50 surat kepada presiden sebagai cara untuk memenuhi mimpinya. Aktingnya di Miracle sejalan dengan karakter di film-film sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement