Senin 06 Sep 2021 18:55 WIB

Ayah Mendiang Amy Winehouse Tolak Film Biografi Putrinya

Ayah mendiang Amy Winehouse menolak film biografi sang putri berjudul 'Saving Amy'.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Ayah mendiang Amy Winehouse menolak film biografi sang putri berjudul 'Saving Amy'.
Foto: AP
Ayah mendiang Amy Winehouse menolak film biografi sang putri berjudul 'Saving Amy'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Halcyon Studios mengumumkan akan menggarap film biografi baru mengenai tahun-tahun terakhir kehidupan penyanyi Amy Winehouse. Film biografi ini akan didasarkan pada buku karya Daphne Barak yang berjudul Saving Amy Rencana ini tak mendapatkan persetujuan dari sang ayah, Mitch Winehouse.

Saving Amy merupakan buku yang ditulis berdasarkan rekaman berdurasi 40 jam, foto, hingga catatan yang dikumpulkan oleh Barak bersama dengan Amy dan keluarganya. Seluruh dokumen tersebut dikumpulkan tiga tahun sebelum Amy menutup usia akibat keracunan alkohol pada Juli 2011.

Baca Juga

Dalam sesi wawancara bersama TMZ, Mitch dengan tegas mengatakan rencana produksi film biografi berbasis buku Saving Amy tidak diperbolehkan. Dia juga mengungkapkan bahwa orang yang terlibat di balik penggarapan film biografi tersebut tak pernah menghubungi keluarga Amy atau label rekaman Amy untuk membicarakan hal tersebut.

"100 persen tidak diperbolehkan," ujar Mitch, seperti dilansir NME, Senin (6/9).

Mitch menilai tim produksi di balik film biografi tersebut seharusnya paham bahwa izin yang jelas harus dikantongi sebelum film tersebut digarap.

Di sisi lain, Barak mengatakan dia memiliki semua perjanjian perilisan dan hukum yang diperlukan. Dengan kata lain, Barak mengatakan material yang digunakan untuk menggarap film biografi tersebut merupakan properti miliknya.

"Semua materi ini juga secara hukum milik saya (yang sah) untuk dijual," pungkas Barak.

Beberapa waktu lalu, CEO Halcyon Studio David Ellender mengatakan timnya merasa tersanjung bisa terlibat dalam proyek ini. Meski karier Amy cukup singkat, Ellender mengatakan Amy merupakan sosok yang sangat berarti.

"Dan kami harap bisa menceritakan kisahnya dengan cara setajam mungkin," ujar Ellender.

Sebelumnya, sebuah film dokumenter Reclaiming Amy telah dirilis sebagai bentuk penghargaan untuk Amy. Film yang dirilis pada Juli lalu itu dibuat dengan melibatkan keluarga dan teman-teman dekat Amy. Mitch juga terlibat di dalamnya.

"(Film ini) bertujuan untuk memberitahu sisi lain dari cerita mengenai sang penyanyi yang sering dikisahkan," jelas ulasan NME.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement