Sabtu 04 Sep 2021 16:03 WIB

Prof Soedjatmiko: Pastikan Masker Anak tak Turun Saat Bicara

Anak perlu dibiasakan pakai masker dengan benar sebelum kembali ke sekolah.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Reiny Dwinanda
 Siswa sekolah dasar menghadiri kelas dalam hari pertama pembukaan kembali sekolah ketika pemerintah melonggarkan pembatasan darurat Covid-19, di Jakarta,  Senin (30/8). Orang tua perlu membiasakan anaknya memakai masker dengan benar sebelum kembali ke sekolah.
Foto: EPA-EFE/MAST IRHAM
Siswa sekolah dasar menghadiri kelas dalam hari pertama pembukaan kembali sekolah ketika pemerintah melonggarkan pembatasan darurat Covid-19, di Jakarta, Senin (30/8). Orang tua perlu membiasakan anaknya memakai masker dengan benar sebelum kembali ke sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Soedjatmiko mengatakan, peran orang tua sangat penting untuk melindungi anak dan orang lain dari penularan Covid-19 saat pembelajaran tatap muka (PTM). Dia meminta orang tua membiasakan anak memakai masker dengan benar.

"Orang tua harus menyiapkan anak-anaknya untuk membiasakan memakai masker dengan benar," ujar Prof Soedjatmiko dalam diskusi daring "Apakah Anak Aman untuk Bersekolah?", disimak di Jakarta, Sabtu (4/9).

Baca Juga

Prof Soedjatmiko menjelaskan, kampanye protokol kesehatan 5M tidak dapat dipahami dengan mudah tanpa dijelaskan secara rinci. Untuk mencegah penularan virus secara efektif, masker harus dipakai dengan benar, yakni menutup lubang hidung, mulut, dagu, dan pipi, serta tidak  longgar, dan tidak melorot saat mengobrol.

Soedjatmiko mengatakan, orang tua harus melatih anak untuk memakai masker dengan benar jauh hari sebelum PTM dimulai, tidak mendadak. Hal ini agar anak sudah terbiasa memakai masker dengan benar dan tidak melepas maskernya hingga sampai kembali ke rumah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement