Jumat 03 Sep 2021 15:31 WIB

Jangan Asal Flagship, Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Ponsel

Membeli ponsel flagship langkah terbaik untuk mendapatkan kualitas komunikasi optimal

Xiaomi Mi 11 Ultra merupakan salah satu ponsel flagship kluaran brand Xiaomi. (ilustrasi).
Foto: xiaomi
Xiaomi Mi 11 Ultra merupakan salah satu ponsel flagship kluaran brand Xiaomi. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Semua orang pasti menginginkan produk terbaik, termasuk juga dalam hal membeli telepon selular atau ponsel. Membeli ponsel flagship merupakan langkah terbaik bagi semua orang untuk mendapatkan kualitas komunikasi yang optimal. Hal ini karena produk ponsel flagship dianggap sama dengan kualitas kelas atas.

Setiap brand pasti mengeluarkan produk ponsel flagshipnya, salah satu contohnya Xiaomi Mi11 Ultra. Tentunya walaupun ponsel flagship, bukan berarti Anda asal membeli. Sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan Anda, dan jangan lupa untuk cek spesifikasinya.

Brand

Tidak dipungkiri kalau banyak orang yang tidak bisa move on dari satu brand. Namun, melirik brand bukanlah langkah yang salah. Siapa tahu Anda bisa menemukan ponsel dengan spesifikasi bagus, namun harganya lebih kompetitif dibanding yang lain.

Selain itu, setiap brand memiliki reputasinya sendiri-sendiri mengenai kualitas produk flagship mereka. Misalnya saja Xiaomi yang dikenal sebagai ponsel dengan harga terjangkau namun spesifikasinya tidak kalah dengan brand yang lebih mahal. Ponsel flagship-nya pun patut Anda cek dan bandingkan.

Oleh karenanya, pastikan Anda menentukan kebutuhan penggunaan ponsel terlebih dahulu. Lalu cari referensi dan bandingkan berbagai brand atau tipe agar bisa menemukan spesifikasi yang paling cocok. Anda bisa melakukan perbandingan produk lebih mudah di platform online seperti Blibli.

Chipset

Biasanya, produk flagship memang dibekali dengan chipset yang bertenaga. Namun demikian, Anda tetap harus cek juga chipset dari ponsel yang hendak dibeli. Apa saja keunggulannya, dan bisakan tahan untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya Anda mungkin menemukan ponsel flagship dengan chipset Qualcomm Snapdragon 888 yang menjadi salah satu yang terkuat di kelasnya. Chipset ini memastikan Anda dapat melakukan multitasking dalam waktu lama karena kinerjanya tidak membutuhkan daya yang besar. Chipset seperti ini cocok digunakan untuk orang yang tidak bisa lepas dari ponsel seharian tanpa perlu sering isi ulang daya.

Banyak artikel yang mengulas tentang kelebihan berbagai chipset. Anda bisa mencari referensi untuk mencari chipset yang bertenaga dan hemat daya. Faktor ini bisa membuat semua pekerjaan Anda menjadi lancar tanpa khawatir ponsel kehabisan daya tiba-tiba.

Memori

Selain chipset unggulan, Anda juga harus melihat spesifikasi memorinya. Kapasitas memori yang besar memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih banyak file atau berkas di ponsel. Selain itu, Anda tidak perlu menambah memori eksternal jika kapasitas memori di ponsel sudah besar.

Kemudian kapasitas Random Access Memory atau RAM juga penting untuk diperhatikan. RAM berfungsi untuk menyimpan instruksi sementara. Komponen ini penting untuk membuat peluncuran aplikasi jadi lancar.

Layar

Bicara soal kelebihan layar, bukan hanya soal nyaman dipakai bermain game online. Lebih dari itu, teknologi layar penting untuk memberikan kualitas tampilan yang optimal agar nyaman dipakai untuk segala kegiatan. Apalagi jika pekerjaan Anda menuntut untuk berhadapan dengan layar HP dalam waktu lama.

Salah satu teknologi layar yang banyak mendapat pujian adalah AMOLED. Layar dengan teknologi ini tidak memakan daya yang besar walaupun bisa menampilkan gambar berkualitas tinggi. Selain itu layar jenis ini juga memiliki respon yang lebih tinggi. Sehingga Anda bisa nyaman menggunakannya untuk kegiatan apapun.

Memang HP dengan teknologi layar AMOLED ini cenderung lebih mahal daripada HP dengan teknologi layar lainnya. Namun ketika Anda siap memiliki ponsel flagship, kenapa tidak sekalian mencari kualitas terbaik.

Perangkat

Selanjutnya, tentu saja perangkat atau bodi ponsel itu sendiri. Anda harus melihat mulai dari desainnya, ketahanannya, hingga bahan dari perangkat ponsel itu.

Ketika Anda membeli ponsel flagship, pasti Anda menginginkan desain yang elegan dan tidak terlihat murahan. Anda bisa memilih ponsel dengan warna-warna netral seperti hitam, putih, atau abu-abu untuk kesan elegan dan modern.

Tentunya warna netral ini akan terlihat lebih mewah dengan sentuhan bahan bodi yang tepat. Salah satu bahan yang terbaik adalah keramik. Alasannya, selain memberikan tampilan mewah, bahan ini juga mampu meredam panas walaupun Anda menggunakan ponsel dalam waktu lama.

Ponsel flagship memiliki harga yang lebih mahal, jadi sayang kalau cepat rusak karena tidak tahan terhadap air dan debu. Oleh karenanya, carilah ponsel yang tahan cipratan air dan debu. Hal ini membuat Anda bisa bebas membawa ponsel ke mana saja.

Kamera

Terakhir tentunya kamera. Rasanya, saat ini, tidak mungkin jika Anda membeli ponsel tanpa melihat kualitas kameranya. Apalagi jika Anda rajin membuat konten untuk media sosial atau kebutuhan lainnya.

Ponsel flagship pastinya memiliki kualitas kamera yang lebih tinggi daripada ponsel mid-range. Namun, setiap brand menawarkan kelebihan kamera yang berbeda. Sebagai contoh Xiaomi Mi 11 Ultra. Ponsel ini menawarkan spesifikasi kamera dengan kelebihan pada kualitas Zoomnya. Anda bisa Zoom hingga 120 X dan tetap mendapatkan kualitas foto yang jernih.

Selain menghasilkan foto berkualitas, Mi 11 Ultra juga menghasilkan video dengan kualitas 8K. Ini menjadikan ponsel ini cocok untuk para pembuat konten video di berbagai media sosial, seperti vlogger, dancer, dan para pembuat video tutorial. Nah, pastikan Anda menggunakan semua keunggulan kamera ini dengan tepat.

Dari semua poin di atas, Anda bisa melihat bahwa memilih ponsel memang tidak asal mahal atau flagship. Fungsi haruslah menjadi prioritas saat Anda ingin membeli perangkat komunikasi ini. Temukan ponsel flagship dengan spesifikasi yang tepat di platform jual beli online seperti Blibli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement