Selasa 31 Aug 2021 05:43 WIB

BtoB Tunjukkan Sisi Lain Grup di Album Baru

BtoB menandai 10 tahun debut mereka pada tahun depan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
BTOB
Foto: Soompi
BTOB

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Boy band K-pop, BtoB, resmi comeback pada Senin (30/8). Mereka kembali dengan merilis album spesial 4U:Outside berisi enam lagu, termasuk lagu utama “Outsider”.

“Outsider” merupakan lagu bergaya neo funk atau neo soul dengan lirik yang ditulis bersama dua anggota grup, Minhyuk dan Peniel. “Outsider” mengajak pendengar untuk melepaskan diri dari frustrasi rutinitas dan kekhawatiran sehari-hari, dengan berani menjalani kehidupan yang mereka inginkan.

“Kami menggunakan kata outsider berbeda arti dengan makna konvensional,” kata Minhyuk dilansir Yonhap News, Senin (30/8).

Changsub mengatakan “Outsider” akan menjadi lagu yang menyembuhkan. “BtoB adalah penyanyi yang memberikan kenyamanan,” ujar pemilik nama Lee Chang-sub itu.

Awalnya, BtoB beranggotakan tujuh orang, tetapi Ilhoon meninggalkan grup karena kontroversi penyalahgunaan narkoba pada Desember tahun lalu. Namun, perilisan album 4U:Outside hanya dilakukan empat orang, karena Hyunsik dan Sungjae menjalani wajib militer.

Melalui album spesial tersebut, Eunkwang, Minhyuk, Changsub, dan Peniel mencoba menunjukkan sisi baru mereka, baik dari sisi kedalaman musik maupun penampilan fisik. Baru-bari ini, BtoB tampil di kompetisi musik Mnet “Kingdom: Legendary War”. Mereka ingin menunjukkan spektrum yang lebih luas dengan keikutsertaannya di acara tersebut.

“Kami ingin menunjukkan spektrum yang lebih luas di album baru. Tidak hanya sebagai grup dengan vokal yang lebih kuat, tetapi juga sebagai profesional di atas panggung,” kata Changsub.

Selain itu, gambar teaser album diambil dengan dua konsep yang kontras, yaitu Silent, yang terdiri dari gambar hitam putih dengan nuansa chic, sensual, dan seksi, serta Awake, versi warna yang menghadirkan perasaan alami dan santai. Terkait hal unik dari album baru, Changsub mengatakan bahwa masing-masing dari enam lagu menawarkan sesuatu yang berbeda untuk setiap keadaan dan suasana hati.

Dia menyebut lagu-lagu dalam album ini memiliki warna berbeda. Jika pendengar sedang kalut, bisa mendengarkan dengarkan "Can't Breathe". Apabila matahari bersinar dan Anda ingin pergi ke suatu tempat, dengarkan "Traveler". Jika pendengar merasa terjebak di tempat dengan banyak orang, dengarkan "Outsider". "Dengarkan apa pun yang Anda inginkan, kapan pun Anda mau," ujar Changsub.

Tahun depan menandai 10 tahun debut grup BtoB. Changsub menantikan ada konser 10 tahun untuk merayakan debut grupnya. "Saya sangat berharap kita bebas dari Covid-19 dan bisa bernyanyi bersama sambil bertatap muka," kata Changsub. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement