Sabtu 28 Aug 2021 09:17 WIB

Capai Usia 85 Lebih tanpa Penyakit, Kayak Apa Pola Makannya?

Warga Kanada yang tetap sehat hingga usia 85 tahun punya kesamaan pola makan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Panti wreda di Toronto, Kanada. Studi Canadian Healthy Aging mengungkap kaitan antara pilihan terkait kesehatan dan penuaan.
Foto:

Skor yang lebih tinggi untuk kedua pola makan dikaitkan dengan peningkatan peluang menjadi super-senior. Namun, hanya pola makan ala barat yang tetap konsisten di seluruh karakteristik peserta yang berbeda.

"Temuan kami menambah bukti terbatas tentang asupan makanan di antara orang tua bangka yang paling sehat, tetapi tidak jelas apakah asosiasi ini mencerminkan perbedaan generasi antara kelompok atau kemungkinan kontribusi untuk umur panjang," tulis kesimpulan para peneliti dikutip dari  Express UK pada Jumat (27/8).

Apa yang harus dihindari?

Jika Anda ingin berumur panjang, sangat penting untuk mengurangi makanan tinggi lemak jenuh. Lemak jenuh adalah jenis lemak yang ditemukan dalam mentega, lemak babi, ghee, daging berlemak dan keju.

"Makan makanan tinggi lemak jenuh dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol non-HDL (jahat)," tulis British Heart Foundation (BHF).

BHF memperingatkan mengurangi lemak jenuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. Adapun buah-buahan dan sayuran dapat mengurangi risiko penurunan kognitif. Zat lemak ini terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan peredaran darah.

"Tetapi hanya mengganti lemak jenuh dengan karbohidrat olahan, seperti makanan dan minuman manis, tidak akan meningkatkan kesehatan Anda," catat BHF.

BHF menyarankannya menggantinya dengan lemak tak jenuh, seperti minyak ikan, kacang-kacangan, atau minyak nabati seperti minyak lobak atau minyak bunga matahari. Kesemuanya itu tampaknya mengurangi risiko serangan jantung dan strok.

"Ingat, semua jenis lemak tinggi kalori, jadi makan terlalu banyak dapat menyebabkan penambahan berat badan," tulis BHF.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement