Jumat 27 Aug 2021 11:56 WIB

Menjaga Kesehatan Batin Saat Isolasi Mandiri

Jangan memikirkan hal yang belum terjadi yang malah membuat pikiran makin ruwet.

Menjaga Kesehatan Batin Saat Isolasi Mandiri. Warga positif COVID-19 berada di ruang isolasi mandiri Posko PPKM Kelurahan Mata Air, Kota Padang, Sumatra Barat, Rabu (4/8/2021). Masyarakat, Satgas COVID-19 bersama Babinsa dan Babinkamtibmas secara swadaya membuka Posko PPKM di kantor lurah dan masing-masing RW serta membantu kebutuhan warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah maupun di ruang isolasi khusus yang dibuka di kelurahan itu.
Foto:

Bagilah perasaan Anda dengan orang lain, perbincangan bisa mengikis rasa sepi dan membuat Anda tidak sendirian berkat dukungan orang lain. Lakukan panggilan video dengan orang-orang terdekat agar tetap semangat dalam menjalani hari.

Jika mengenal penyintas lain, berbincanglah untuk mendapatkan masukan berdasarkan pengalaman mereka agar isolasi mandiri terasa ringan. Bila perlu, ikuti acara kumpul-kumpul virtual yang banyak digelar di dunia maya.

Seminar virtual hingga kelas virtual, semuanya bisa dipilih sesuai apa yang disukai. Setelah mengetahui informasi mengenai Covid-19 dan cara menghadapinya, arahkan perilaku menuju hal-hal yang bermanfaat untuk diri sendiri.

Dia mencontohkan fenomena panic buying yang terjadi beberapa waktu lalu di mana berbagai vitamin ludes karena diserbu orang-orang saat kasus Covid-19 sedang tinggi. Berpikirlah dengan kepala dingin, bila memang perlu vitamin jangan kalap saat membeli.

"Jangan karena lagi positif Covid-19 beli sebanyak-banyaknya, akhirnya uang habis untuk vitamin tapi hal lain malah ditelantarkan. Dengan informasi yang baik, perilaku jadi lebih terarah," katanya.

Baca juga : Tokoh Kristen Bicara Soal Kasus Penistaan Kece

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement