Senin 23 Aug 2021 07:58 WIB

Berfoto di Kuil Yasukuni Jepang, Aktor China Kena Boikot

Aktor China Zhang Zhehan berfoto di depan kuil Yasukuni, Jepang.

Kuil Yasukuni di Jepang juga dikunjungi wisatawan, selain peziarah. Aktor China Zhang Zhehan mengaku tidak mengetahui bahwa ada sejarah kelam invasi Jepang ke China terkait kuil Yasukuni.
Foto:

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan Zhang berpose di Yasukuni, kuil yang memberikan penghormatan kepada beberapa tokoh yang dianggap sebagai penjahat perang oleh China. Kuil Shinto Yasukuni dibangun oleh Kaisar Meiji untuk mengenang orang yang meninggal dunia demi Kekaisaran Jepang semasa Restorasi Meiji.

Ada juga foto Zhang menghadiri upacara pernikahan di kuil Nogi. Ini merupakan kuil terkenal lainnya yang dibangun untuk penghormatan kepada perwira militer kekaisaran Jepang yang menginvasi China selama Perang Dunia II pada 1931-1945.

Zhang sempat menyampaikan permohonan maaf secara daring atas ketidaktahuannya tersebut. Namun, upaya itu gagal menghentikan gelombang boikot warganet hingga menimbulkan pemutusan hubungan dengan mitra bisnisnya, sebagaimana diberitakan Global Times.

Beberapa merek juga telah menghentikan kerja sama komersial dengan Zhang, seperti perusahaan minuman Wahaha, perhiasan Pandora, dan tekstil Mercury Home. Pekan lalu, situs saluran video China Youku menghapus nama Zhang dari daftar pemeran drama televisi seni bela diri Word of Honor. Platform berbagi video, Douyin, juga mengumumkan telah menghapus akun Zhang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement