Kamis 19 Aug 2021 12:00 WIB

Mungkinkah Covid-19 Menular Lewat Air Mata?

Ada kemungkinan Covid-19 juga menular lewat cairan tubuh selain droplet.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Hindari mengucek mata saat tangan kotor. Karena melalui mukosa pada mata, virus Covid-19 bisa masuk.
Foto:

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan utnuk mencegah penularan Covid-19, termasuk melalui mata. Sebagian di antaranya adalah hindari menyentuh area mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.

Bersihkan tangan dengan sabun selama 20 detik sebelum membilasnya. Bila tak ada sabun dan air, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen.

Hindari pula melakukan kontak erat dengan orang yang sedang sakit. Yang juga tak kalah penting, gunakan masker ketika berkegiatan di luar rumah atau ketika bertemu dengan orang lain yang tidak tinggal satu rumah. Bersihkan dan disinfeksi permukaan secara berkala.

Bila sedang sakit, ada beberapa upaya lain yang juga perlu dilakukan. Misalnya, membuang tisu yang sudah dipakai dengan hati-hati ke tempat sampah.

Selain itu, biasakan untuk menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin. Bila tak ada sesuatu untuk menutup mulut dan hidung, gunakan bagian dalam lipatan siku. Hindari pula mengucek mata ketika terinfeksi Covid-19.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement