Rabu 18 Aug 2021 20:45 WIB

Tips Memilih Reksa Dana Saham

Reksa dana saham bisa menajdi salah satu altenatif instrumen investasi.

Ilustrasi Pertumbuhan Investasi
Foto:

Cek legalitas MI di situs OJK. "Kita juga bisa memeriksa rekam jejak MI melalui situs perusahaan MI maupun beragam artikel berita," kata Freddy.

Freddy menambahkan, ada baiknya untuk mengetahui perusahaan yang terafiliasi dengan MI tersebut, para profesional di dalamnya, serta tata kelola perusahaan yang diterapkan di MI tersebut.

Kiat ketiga yaitu mencari tahu strategi pengelolaan. Freddy menyampaikan, ada banyak reksa dana saham yang bisa dipilih, masing-masing reksa dana saham memiliki strategi pengelolaan. Ada yang menggunakan tema investasi berdasarkan kapitalisasi pasar, syariah, konvensional, ESG, dan lain sebagainya, atau berdasarkan sektor tertentu (infrastruktur, teknologi, dan lain lain), atau pun dari cara strategi pengelolaan.

"Kita harus mendapat informasi lengkap mengenai hal tersebut, memilih yang paling sesuai dengan tujuan investasi kita," ujar Freddy.

Berikutnya, calon investor harus memerhatikan konsistensi kinerja reksa dana untuk periode menengah panjang. Freddy menilai salah satu faktor yang penting diperhatikan adalah peringkat dan konsistensi kinerja reksa dana. Beberapa perusahaan domestik maupun global mengadakan pemeringkatan reksa dana.

Salah satu perusahaan pemeringkat yang terpercaya adalah Morningstar Rating. Perusahaan pemeringkat global ini memberikan rating bintang 1-5 terhadap produk dengan usia minimal tiga tahun yang telah melalui proses perhitungan berdasarkan Morningstar Risk-Adjusted Return.

 

"Yang meliputi kinerja bulanan produk dan konsistensi kinerja produk. Walaupun tidak selalu harus digunakan, rating tersebut dapat melengkapi pertimbangan dalam memilih reksa dana," kata Freddy.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement