Rabu 04 Aug 2021 22:41 WIB

5 Hal yang Bisa Mempercepat Penyusutan Volume Otak

Ketika memasuki usia 40 tahun, otak manusia menyusut sekitar 5 persen.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Ketika memasuki usia 40 tahun, otak manusia menyusut sekitar 5 persen.
Foto:

4. Alami stres

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Neurology menemukan bahwa orang yang menjalani kehidupan dengan stres tingkat tinggi dapat mengalami penyusutan otak dan kehilangan memori bahkan sebelum mereka berusia 50 tahun.

"Tingkat kortisol, hormon stres yang lebih tinggi, tampaknya mempengaruhi fungsi otak, ukuran dan kinerja otak. Kami menemukan kasus kehilangan memori dan penyusutan otak pada orang yang relatif muda yang diduga kuat terkait dengan stres,” kata penulis studi sekaligus profesor neurologi di UT Health San Antonio, Dr Sudha Seshadri.

5. Alami gangguan pendengaran yang tidak diobati

Sebuah studi tahun 2014 di Johns Hopkins menemukan bahwa gangguan pendengaran telah mempercepat proses penyusutan otak pada orang dewasa tua. Para peneliti mengamati data dari Baltimore Longitudinal Study on Aging, dan menemukan bahwa orang dengan gangguan pendengaran kehilangan lebih dari satu sentimeter kubik jaringan otak setiap tahun, dibandingkan dengan mereka yang memiliki pendengaran normal.

Mereka yang mengalami gangguan pendengaran juga mengalami penyusutan yang lebih signifikan di area otak yang bertanggung jawab untuk memproses suara dan ucapan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement