Kamis 22 Jul 2021 23:08 WIB

Remaja dari Keluarga yang Hangat Lebih Bisa Berempati

Hubungan yang hangat di rumah dapat membantu anak menjadi lebih berempati.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi anggota keluarga mengaji bersama. Keseimbangan hubungan emosional antara anggota keluarga yang koheren serta ada sikap saling menghargai membentuk remaja menjadi individu yang lebih mudah berempati.
Foto:

Sebaliknya, remaja dari hubungan keluarga yang kurang hangat pada usia 14 menunjukkan dukungan empati yang lebih rendah untuk teman-teman di awal masa remaja. Akan tetapi, menurut studi kemampuan empati mereka bisa saja ditumbuhkan seiring waktu.  

Menurut Stern, menjaga kualitas hubungan keluarga demi mengembangkan kondisi psikis remaja amat penting, khususnya untuk membangun empati dan interaksi positif dengan teman sebaya. Temuan studi telah terbit di jurnal Child Development.

"Program pengasuhan anak, terapi keluarga, dan intervensi berbasis sekolah yang membantu remaja muda merasa aman dalam hubungan mereka dengan orang dewasa (orang tua, guru, mentor, dan kerabat) dapat membekali remaja berempati dan menunjukkan kepedulian mereka terhadap orang lain," tutur Stern, dikutip dari laman Study Finds, Kamis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement