Rabu 21 Jul 2021 16:20 WIB

Indra Lesmana Buat Komposisi Musik dari Sound Healing

'Sound Healing' terapi musik dan memiliki tujuan untuk membantu menenangkan pikiran.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Musisi Indra Lesmana mengisi waktunya di masa PPKM untuk mendalami sound healing.
Foto: ANTARA FOTO
Musisi Indra Lesmana mengisi waktunya di masa PPKM untuk mendalami sound healing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Indra Lesmana mengisi waktunya di masa PPKM untuk mendalami sound healing. Dia menggubah komposisi yang dimaksudkan sebagai terapi musik dan memiliki tujuan untuk membantu menenangkan pikiran dan mendukung kesehatan.

Lewat akun Instagram @indralesmana, sang musisi memberi pengantar untuk menginformasikan lebih lanjut tentang sound healing. Indra menyampaikan, sejumlah studi telah mengungkap manfaat frekuensi solfeggio sebagai alternatif penyembuhan.

Baca Juga

Ada beberapa frekuensi penyembuhan yang berbeda dan diyakini dapat memberikan dampak yang baik terhadap tubuh dan jiwa apabila didengarkan. "Saya masih jauh untuk dikatakan ahli dalam bidang ini tapi saya ingin mencoba membuat komposisi musik berdasarkan frekuensi-frekuensi ini dan berbagi melalui Youtube channel saya secara rutin," tulis Indra, Rabu (21/7).

Pada kanal Youtube Indra, terdapat dua komposisi di daftar putar "Sound Healing". Komposisi "285 Hz Sound Healing (Wounds and Imune System) by Indra Lesmana" serta "741 Hz Sound Healing (Purification and Creativity) by Indra Lesmana" itu masing-masing berdurasi delapan menit.

Indra menjelaskan, komposisi 285 Hz mempunyai manfaat untuk menyembuhkan luka dan memperbaiki sistem imun. Sementara, komposisi kedua yakni 741 Hz mempunyai manfaat purifikasi terhadap infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri, juga meningkatkan kreativitas serta menjernihkan pikiran.

Saran Indra, penikmat musik mendengarkan komposisi ciptaannya sambil melakukan meditasi atau mengerjakan hal lain seperti membaca buku serta belajar. Dia merekomendasikan untuk menggunakan headphone agar pengalaman menyimak lebih optimal.

Frekuensi mendengarkan komposisi tergantung kebutuhan. Berdasarkan apa yang dibaca Indra, ada anjuran mendengarkan tiga kali sepekan selama empat pekan dengan durasi 15 menit. "Semoga bisa dinikmati dan bermanfaat. Saya akan selalu update setiap ada penambahan komposisi. Salam sehat untuk kita semua," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement