Senin 19 Jul 2021 14:35 WIB

Cara Rayi dan Dila Hadju Kenalkan Lingkungan ke Anak

Anak Rayi dan Dila kini telah berusia enam tahun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Pasangan selebritas Rayi dan Dila Hadju terbiasa memilah sampah di rumah.
Foto:

Lalu, di usia dua hingga empat tahun, anak diperkenalkan dengan variasi alam beserta penghuninya serta sebab-akibat dasar. Dalam proses ini, menurut Dila, orang tua harus bisa sabar dalam menjawab dan menerangkan sesuatu kepada anak.

Dila melanjutkan, di usia empat hingga enam tahun, anak mulai diperkenalkan dengan siklus kehidupan. Misalnya, bagaimana awal mula pohon, hujan, dan siklus lainnya yang ada di sekitar kita.

"Itu yang coba kami terapkan pada anak kami, dengan memberikan berbagai stimulasi yang disesuaikan usia anak,” kata pendiri komunitas Tumbuh Hijau Urban itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dila Hadju | #tumbuhijaurban (@dilahadju26)

Hal penting lainnya, menurut Rayi, orang tua harus mampu memberikan contoh dengan melakukan tindakan nyata. Misalnya, dengan memilah sampah dan menyediakan setidaknya tiga tempat sampah berbeda: organik, non-organik , dan residu. Proses memilah sampah dari rumah Rayi-Dila bahkan sudah diterapkan sebelum Budi lahir.

"Jadi seumur hidup dia (Budi) yang masih pendek ini, dia sudah terbiasa melihat orang tuanya memilah sampah dan kebiasaan itu pada akhirnya membuat dia jadi terlatih dan terbiasa juga. Jadi, misalnya, ketika dia mau buang kulit pisang, dia akan bertanya itu harus dibuang ke tempat sampah yang mana,” kata personel RAN tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement