Jumat 16 Jul 2021 21:59 WIB

Lyodra Beri Nuansa Musik Tradisional Karo di Lagu Baru

Elemen tradisional tak hanya pada musik tetapi juga judul yang dipilih Lyodra.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Musisi Lyodra merilis abum perdana yang diberi tajuk sesuai dengan namanya.
Foto: Dok Universal Music Indonesia
Musisi Lyodra merilis abum perdana yang diberi tajuk sesuai dengan namanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Lyodra tidak melupakan akar tradisi yang membentuknya. Sebagai perempuan asal Medan, dia tidak ragu menyisipkan unsur musik tradisional dalam karyanya. Hal itu terwujud di lagu "Oe.. Oe.. Oe..", salah satu tembang di album debutnya.

Pada konferensi pers virtual peluncuran album Lyodra, sang penyanyi menceritakan proses kreatif di balik pembuatan lagu. Tembang "Oe.. Oe.. Oe.." merupakan kolaborasi Lyodra dengan disjoki kenamaan Indonesia, Dipha Barus. Baik Lyodra maupun Dipha sama-sama berdarah Batak Karo.

Baca Juga

"Karena sama-sama orang Karo, memutuskan ada sentuhan tradisional, memasukkan instrumen musik Karo. Ada unsur patam-patam," ungkap Lyodra. Sebagai informasi, gendang patam-patam merupakan salah satu komposisi musik tradisional masyarakat Karo.

Elemen tradisional tak hanya pada musik tetapi juga judul yang dipilih. Lyodra menjelaskan pula bahwa judul lagu berasal dari bahasa daerah. Dalam ujaran Karo, "oe" artinya iya. Meskipun, lagu rancak tersebut menggunakan pula gabungan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang dominan.

 

Selain musik Karo, ada sentuhan musik Latin juga pada lagu. Tembang bercerita tentang seseorang yang jatuh hati dan yakin dengan sosok yang memikat hatinya tersebut. Lyodra ikut menulis sebagian lirik lagu bersama Dipha Barus, Monica Karina, dan Matter Mos.

"Oe.. Oe.. Oe.." melengkapi total delapan lagu dalam album. Judul lain yakni "Gemintang Hatiku", "Mengapa Kita #TerlanjurMencinta", "Tentang Kamu", "Sabda Rindu", "Kalau Bosan", "Dibanding Dia", dan "Pesan Terakhir". Album yang dirilis secara digital hadir pula dalam wujud boxset.

Paket boxset memuat CD album, notebook, dan foto bertanda tangan Lyodra. Dia mengaku senang bisa menghadirkan paket lengkap untuk penggemar yang dijuluki My Lyodra. "Foto-fotonya black and white elegan, ala-ala cover majalah tahun 70-an," ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement