Kamis 15 Jul 2021 20:59 WIB

Penjualan CD Album BTS Terlaris di AS

Penjualan CD album BTS menjadi yang terlaris di AS hingga pertengahan 2021.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Penjualan CD album BTS menjadi yang terlaris di AS hingga pertengahan 2021.
Foto: Wikimedia
Penjualan CD album BTS menjadi yang terlaris di AS hingga pertengahan 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Billboard menyebut grup K-pop BTS menjadi artis terlaris dalam total penjualan album CD di Amerika Serikat (AS) pada paruh pertama tahun ini. Dilansir The Korea Herald pada Kamis (15/7), raksasa K-pop itu menjual 573 ribu kopi album CD-nya dari 1 Januari hingga 1 Juli lalu.

Mengutip MRC Data, sebagai penyedia data penjualan musik, Billboard menyebut BTS sebagai musisi terlaris di AS. Posisi kedua ditempati penyanyi-penulis lagu Amerika, Taylor Swift dengan penjualan 414 ribu kopi.

Baca Juga

Jika mempertimbangkan penjualan album vinil dan kaset juga, maka diva Amerika itu menempati posisi pertama dengan 746 ribu kopi, diikuti BTS dengan 573 kopi. Semua penjualan album fisik oleh BTS dalam format CD.

Boy band beranggotakan tujuh orang ini juga menjadi runner-up dalam penjualan album secara keseluruhan, yang menggabungkan penjualan album fisik dan digital. Taylor Swift adalah penjual musik teratas dalam kategori tersebut.

Faktanya, BTS tidak merilis album CD baru pada paruh pertama tahun ini. BTS terakhir merilis album CD BE pada November tahun lalu. Pada Mei lalu, BTS merilis lagu hit-nya “Butter” dalam format single digital, sebelum mulai menjual versi fisik CD pada awal bulan ini.

Menurut MRC Data, dua lagu BTS, yaitu “Butter” dan “Dynamite” menempati peringkat pertama dan kedua dalam daftar 10 lagu digital terlaris di AS pada pertengahan 2021. Grup itu juga memiliki dua album di daftar tengah tahun dari 10 album fisik teratas di AS, yaitu BE di No. 6 dan Map of the Soul: 7 (rilis pada Februari 2020) di No. 10.

Sementara itu, grup K-pop NCT menduduki peringkat kedelapan dalam daftar itu dengan album Resonance Pt. 1, yang dirilis pada Oktober 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement