Rabu 14 Jul 2021 03:55 WIB

Mengapa Penyintas Bisa Kena Covid-19 Lagi?

Orang yang sudah sembuh dari Covid-19 masih bisa kena lagi untuk kali kedua.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Orang dengan gejala Covid-19 (ilustrasi). Kasus reinfeksi terjadi ketika penyintas Covid-19 terinfeksi lagi oleh struktur virus corona yang berbeda dengan infeksi sebelumnya.
Foto:

Dengan demikian, mengacu pada hasil penelitian tersebut, kalangan lansia tergolong lebih berisiko mengalami reinfeksi. Analisis dari riset tersebut menunjukkan di antara orang yang positif pada gelombang Covid-19 pertama, sebanyak 0,65 persen positif kembali pada gelombang wabah kedua.

"Orang yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) juga lebih mungkin terkena infeksi kedua," ungkap dr Yoga.

photo
Gejala Covid-19 terkait varian Delta. - (Republika)

Walaupun tubuh sudah mengembangkan sistem imun untuk melawan Covid-19, masih ada kemungkinan seseorang dapat reinfeksi. Sebab, Covid-19 pun bisa berkembang atau bermutasi sehingga memiliki banyak varian dengan karakternya masing-masing.

Menurut sejumlah penelitian, beberapa varian mampu melawan sistem imun manusia. Dr Yoga pun menyerukan agar orang yang pernah kena Covid-19 tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

Demikian pula dengan orang yang sudah mendapat vaksin Covid-19. Meskipun vaksin memberikan perlindungan terhadap serangan SARS-CoV-2, orang yang telah divaksin masih bisa terinfeksi jika terpapar virus tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement