Ahad 11 Jul 2021 20:35 WIB

5 Superfood untuk Bantu Kelola Diabetes

Diabetes bisa menimbulkan risiko kesehatan lain seperti penyakit kardiovaskular.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih
Diabetes (ilustrasi)
Foto:

 

Kacang-Kacangan

Penyandang diabetes memang memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit kardiovaskular. Akan tetapi, perubahan  dalam pengaturan pola makan dapat menghalau risiko tersebut. Salah satu perubahan tersebut adalah mengonsumsi kacang.

Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi pada Circulation Research yang melibatkan lebih dari 16 ribu penyandang diabetes dewasa. Studi ini menunjukkan bahwa konsumsi minimal 5 porsi kacang tanah atau kacang pohon seperti kenari, almond, dan hazelnut dapat membantu penyandang diabetes tipe 2 menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 17 persen.

Kacang-kacangan juga diketahui rendah karbohidrat dan merupakan sumber lemak serta protein yang baik. Oleh karena itu, konsumsi kacang dapat memberikan perasaan kenyang tanpa harus menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

"Ini membuat kacang-kacangan menjadi cemilan ideal untuk orang yang hidup dengan diabetes," jelas ahli gizi dan juru bicara Association of Diabetes Care and Education Specialists Dahlia Gomez.

Namun perlu diingat bahwa kacang-kacangan juga tinggi akan kalori. Oleh karena itu, batasi konsumsi kacang menjadi 1-1,5 ons per hari saja.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement