Jumat 09 Jul 2021 22:25 WIB

5 Hal yang tanpa Disadari Bisa Picu Kanker

Ada hal mengejutkan yang mengindikasikan seseorang mungkin terkena kanker.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Ada hal mengejutkan yang mengindikasikan seseorang mungkin terkena kanker.
Foto: picpedia.org
Ada hal mengejutkan yang mengindikasikan seseorang mungkin terkena kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker dapat membuat kita merasa tidak berdaya. Penelitian baru terus-menerus muncul tentang bagaimana mencegah kanker dan menangkapnya lebih awal, ketika itu paling dapat disembuhkan. Dan itu meluas ke faktor risiko.

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah belajar banyak tentang apa yang meningkatkan risiko Anda terkena kanker, selain faktor-faktor terkenal seperti merokok dan diet. Berikut beberapa hal-hal mengejutkan yang mengindikasikan apakah Anda mungkin terkena kanker, menurut dokter dan para ahli, dilansir laman Eat This, Jumat (9/7).

Baca Juga

1. Minum Minuman Panas

"Mungkin ada peningkatan risiko kanker tenggorokan dengan orang yang makan makanan dan minuman yang sangat panas karena iritasi dan panas yang dapat merangsang kerusakan sel," kata dokter dari CHA Hollywood Presbyterian Medical Center di Los Angeles, Thomas Horowitz, MD.

Beberapa penelitian, termasuk yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer Maret 2019, telah menghubungkan minum minuman yang sangat panas seperti kopi atau teh dengan peningkatan risiko kanker kerongkongan atau tenggorokan.

Kaya akan antioksidan, kopi dan teh dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, mendukung penurunan berat badan, dan membantu mencegah kanker. Hanya saja, jangan meminumnya panas-panas.

2. Riwayat Menstruasi

“Menstruasi dini, periode sebelum usia 12. dan mulai menopause setelah usia 55 membuat wanita terpapar hormon lebih lama, meningkatkan risiko terkena kanker payudara,” kata Nancy Elliott, MD, dari Montclair Breast Center di Montclair, New Jersey.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang apa arti riwayat menstruasi Anda untuk risiko terkena kanker payudara. Pertahankan semua janji temu rutin untuk skrining. Jika Anda memiliki anak dan melihat tanda-tanda pubertas sebelum usia 12 tahun, bicarakan dengan dokter anak Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement