Kamis 08 Jul 2021 10:05 WIB

Yuk, Ikuti Vaksin di Mobil Vaksin Keliling

Saat ini lima juta warga DKI telah menerima vaksinasi Covid 19.

Mobil vaksinasi Covid 19 keliling
Foto: Dok Magenta Mediatama
Mobil vaksinasi Covid 19 keliling

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Untuk mempercepat vaksinasi Covid 19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan uji coba Mobil Vaksin Keliling yang berlokasi di RPTRA Cempaka Sari, Jakarta Timur (7/7).

Dengan menggandeng Magenta Mediatama, perusahaan yang bergerak di bidang pameran dan penyelenggaraan acara, terobosan tersebut diharapkan dapat membantu Pemprov DKI Jakarta menjangkau lebih banyak warga untuk bisa mendapatkan layanan vaksinasi.

“Vaksinasi merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid 19, selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Maka, vaksinasi diharapkan menjadi salah satu upaya dalam menekan penularan virus ini. Oleh karena itu, melalui inisiatif penyediaan mobil vaksin keliling ini, diharapkan dapat membantu percepatan program vaksinasi Covid-19, mengurangi potensi kerumunan pada saat proses vaksinasi Covid-19, serta dapat menjangkau wilayah yang padat dan terpencil,'' ujar Andry Sutradjaja, Direktur Utama Magenta Mediatama, dalam siaran pers, Kamis (8/7).

Muhammad Anwar, Walikota Jakarta Timur menyambut baik kolaborasi yang dilakukan Magenta Mediatama bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penyediaan mobil vaksin keliling di wilayah DKI Jakarta. “Keberadaan mobil vaksin keliling seperti ini sangat membantu, khususnya warga yang tidak memiliki transportasi maupun para lansia, sehingga mereka tidak perlu lagi repot-repot mencari tempat vaksinasi Covid 19. Dengan cara seperti ini, diharapkan target vaksinasi terhadap 7,5 juta warga DKI Jakarta pada akhir Agustus 2021 dapat segera tercapai,'' ujarnya.

Anwar pun memaparkan sudah lima juta orang yang mendapatkan vaksin di Jakarta. ''Untuk itu, mari bersama-sama kita tunjukkan bahwa kita mampu untuk menghadapi dan melewati pandemi ini, salah satunya dengan mengikuti program vaksinasi Covid 19. Silakan mengunjungi sentra-sentra vaksin yang telah disiapkan, termasuk melalui mobil vaksin keliling ini,” ujar Muhammad Anwar.

Senada dengan Walikota Jakarta Timur, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr Widyastuti juga sangat mengapresiasi kolaborasi Magenta Mediatama untuk mendukung percepatan program vaksinasi Covid 19, khususnya di wilayah DKI Jakarta. “Diharapkan dengan adanya mobil layanan vaksinasi keliling ini, dapat memudahkan warga DKI Jakarta untuk mendapat layanan vaksinasi. Selain itu, kami juga tidak bosan untuk terus mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama berikhtiar melawan pandemi Covid 19 dengan mengikuti vaksinasi yang sudah disediakan pemerintah,'' kata dia.

Saat ini Pemprov DKI akan menyiapkan 10 unit mobil vaksin keliling, dan setiap mobil vaksin keliling akan berada di dua titik dengan target jumlah warga yang divaksinasi sebanyak 100 orang per hari per titik. 

Di setiap mobil vaksin keliling ditempatkan lima petugas yang terdiri dari dua tenaga kesehatan dan tiga orang tenaga nonmedis. Untuk tahap uji coba, titik lokasi Mobil Vaksin Keliling akan ditempatkan di posko Jakarta Timur yang berlokasi di RPTRA Cempaka Sari, Cakung Barat, Jakarta Timur.  Untuk jumlah unit mobil kedepannya akan terus bertambah.

Lebih lanjut Andry mengungkapkan, pihaknya juga ingin mengajak perusahaan-perusahaan swasta untuk ikut aktif berkontribusi dan mendukung pemerintah dalam program percepatan vaksinasi Covid 19. ''Dengan semakin banyak bantuan dari perusahaan swasta dan instansi terkait, jumlah unit mobil vaksin keliling akan dapat terus ditambah serta bisa mempercepat proses vaksinasi," papar Andry Sutradjaja.

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement